PENERAPAN ANALISIS JALUR DALAM MENGANALISIS MODEL HUBUNGAN KAUSALITAS ANTARA DIMENSI RELATIONSHIP MARKETING DENGAN LOYALITAS PELANGGAN

Sri Sustarliyah

Abstract


Teknik analisis jalur dikembangkan oleh Sewal Wright di tahun 1934,  sebenarnya merupakan pengembangan  korelasi yang diurai menjadi beberapa interpretasi akibat yang ditimbulkannya. Lebih lanjut, analisis jalur mempunyai kedekatan dengan regresi berganda; atau dengan kata lain, regresi berganda merupakan bentuk khusus dari analisis jalur.Teknik ini juga dikenal sebagai model sebab-akibat (causing modeling).Asumsi dasar model ini ialah beberapa variabel sebenarnya mempunyai hubungan yang sangat dekat satu dengan lainnya. Dalam Analisis jalur dapat diketahui derajat hubungan antara variabel dependen, pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung, total pengaruh dan pengaruh gabungan (simultan) serta pengujian hipotesis yang diukur secara parsial dan simultan.  Pada penelitian ini penyelesaian analisis jalur menggunakan bantuan software SPSS Versi 20.0. Hasil dari analisis jalur tersebut membuktikan bahwa dimensi-dimensi relationship marketing (trust, bonding, communication, empathy, shared value dan Reciprocity) yang dinilai memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan adalah dimensi trust, bonding, shared value dan emphaty, sementara untuk dimensi communication dan Reciprocity dinlai tidak signifikan dalam analisis jalur.

Kata Kunci :trust, bonding, communication, empathy, shared value dan Reciprocity dan Loyalitas


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/j-ensitec.v2i01.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 J-ENSITEC

Journal of Engineering and Sustainable Technology (J-ENSITEC) Published by Fakultas Teknik Universitas Majalengka (Print ISSN : 2407-6007 and Online ISSN: 2477-359X)

 

 

Visitor Number :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.