PENGARUH STRES KERJA, KEPUASAN KERJA, DAN KEPUASAN ATAS GAJI TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN (PT. Adira Semesta Idustry Cabang II Sumedang)

Agus Alamsyah P.

Abstract


Pada penelitian ini responden yang digunakan adalah karyawan di bidang produksi yang terbagi menjadi beberapa bagian dan staf dan direksi PT.Adira Semesta Industry yang disesuaikan dengan teknik stratified random sampling yang melibatkan strata(tingkatan) dalam pemilihan responden secara random yang berjumlah 75 orang karyawan di PT Adira Semesta Industry. Uji yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan Uji t, dan Uji F, sedangkan untuk menganalisis data, yang digunakan adalah analisis regresi berganda koefisien determinasi, adapun perhitungan dalam mengolah data ini dibantu program Spss Versi 20.

Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh stres kerja, kepuasan kerja, dan kepuasan atas gaji terhadap Turnover intentionsebesar 30,5% sedangkan sisanya 69,5% dipengaruhi oleh factor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selanjutnya berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial (Uji t) dan simultan (Uji F), maka didapatkan hasil yaitu secara simultan variabel stres kerja, kepuasan kerja, kepuasan atas gaji berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover intention denganF hitung> Ftabel 10,375> 3,12 . Secara parsial sres kerja berpengaruh positif dan signifikan dengan hasil thitung>ttabel, yaitu 4,240 > 1,6666 dengan tingkat signifikansi 0,000, kepuasan kerja berpengaruh negatif  dengan hasil thitung>ttabel, yaitu -2,436>1,6666, dan kepuasan atas gaji  berpengaruh negatif dan signifikan dengan hasil thitung>ttabel yaitu -3,465>1,6666 dengan tingkat signifikansi 0,001.

 

Keywords: Stres Kerja,  Kepuasan Kerja, Dan Kepuasan Atas Gaji Terhadap Turnover Intention


Keywords


Stres Kerja; Kepuasan Kerja; Dan Kepuasan Atas Gaji Terhadap Turnover Intention

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/j-ensitec.v3i01.310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 J-ENSITEC

Journal of Engineering and Sustainable Technology (J-ENSITEC) Published by Fakultas Teknik Universitas Majalengka (Print ISSN : 2407-6007 and Online ISSN: 2477-359X)

 

 

Visitor Number :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.