ANALISIS PENGUJIAN TARIK (TENSILE TEST) PADA BAJA ST37 DENGAN ALAT BANTU UKUR LOAD CELL

Haris Budiman

Abstract


Salah satu cara untuk mengetahui sifat mekanik dari material adalah dengan cara Pengujian Tarik atau Tensile Test. Pengujian tarik akan menampilkan Kekuatan material sehingga bisa merancang suatu konstruksi sesuai dengan karakteristik material. Dari pengujian tarik akan diperoleh benda kerja yang putus karena proses penarikan, juga dihasilkan sebuah kurva uji tarik antara tegangan dan regangan. Kurva ini merupakan gambaran dari proses pembebanan pada benda kerja mulai dari awal penarikan hingga benda kerja itu putus.

Tujuan dari pengujian tarik ini adalah untuk mengetahu isifat-sifat mekanik suatu logam Dalam penelitian ini dikembangkan bagaimana mengolah data yang diperoleh dari pengujian tarik tersebut menjadi sebuah kurva tegangan regangan. Data-data yang diperoleh tersebut berupa besarnya pembebanan, besarnya perpanjangan dan perubahan luas penampang yang terjadi pada benda kerja. Pembebanan dan perubahan panjang benda kerja inilah yang nantinya akan dikonversikan ke dalam kurva uji tarik. Perancangan mesin uji tarik dipasang alat bantu yang sangat penting yaitu load cell, dengan fungsi untuk mendeteksi besarnya perubahan dimensi jarak yang disebabkan oleh suatu elemen gaya, sehingga dapat menghasilkan sebuah kurva tegangan-regangan yang akan menginformasikan berapa kekuatan tarik tarik benda yang diuji tarik.

 

Kata kunci : Uji Tarik, Tensile Test, Ioad Cell, Tegangan, Regangan


Keywords


Uji Tarik; Tensile Test; Ioad Cell; Tegangan; Regangan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/j-ensitec.v3i01.309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 J-ENSITEC

Journal of Engineering and Sustainable Technology (J-ENSITEC) Published by Fakultas Teknik Universitas Majalengka (Print ISSN : 2407-6007 and Online ISSN: 2477-359X)

 

 

Visitor Number :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.