SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI MASALAH PSIKOLOGI REMAJA MENGGUNAKAN METODE INFERENSI FORWARD CHAINING BERBASIS ANDROID

Tantri Wahyuni

Abstract


Perkembangan Telepon seluler pada saat ini sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dengan menggunakan Metode Inferensi Forward Chaining berbasis android, setiap orang tua dapat mengetahui masalah apa yang sedang terjadi dengan anaknya, khususnya yang  berusia remaja.   Teknologi ini menggunakan sistem, sehingga membuat suatu keputus andan mengambil keputusan dari sejumlah fakta yang ada. Sistem Pakar ini menggunakan WML dan PHP pada perangkat mobile, melaksanakan tahapan-tahapan yaitu: pengumpulan data dan analisa masalah psikologi remaja menjadi tree, analisa dan perancangan sistem yang berorientasi objek, implementasi berupa percoba anak sistem melalui emulator dan perangkat mobile, serta penarikan kesimpulan dan kegunaan dari sistem pakar yang diterapkan. Fasilitas yang ditawarkan pada sistem pakar ini untuk user umum dan administrator, sehingga sistem bias digunakan oleh sistem dan administrator sesuai dengan hak akses dan kebutuhannya masing- masing. User diberikan informasi mengenai berbagai gejala kenakalan remaja, menuntut user untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan sistem untuk mengetahui hasil diagnosa. Sedangkan administrator dimudahkan dalam memanajemen sistem, baik proses tambah, hapus maupun update data terbaru.

Kata Kunci : Perangkat mobile, Sistem Pakar, Forward Chaining


Keywords


Perangkat mobile; Sistem Pakar; Forward Chaining

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/j-ensitec.v2i02.304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 J-ENSITEC

Journal of Engineering and Sustainable Technology (J-ENSITEC) Published by Fakultas Teknik Universitas Majalengka (Print ISSN : 2407-6007 and Online ISSN: 2477-359X)

 

 

Visitor Number :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.