RANCANG BANGUN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASARBERBASIS KURTILAS

Enang Rusnandi

Abstract


Pengembangan Kurikulum 2013 dilaksanakan atas dasar beberapa prinsip standar kompetensi lulusan diturunkan dari kebutuhan, standar isi diturunkan dari standar kompetensi lulusan melalui kompetensi inti yang berbasis mata pelajara, semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik, mata pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin dicapai, semua mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti, keselarasan tuntutan kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, dan penilaian.Artikel ini ditulis setelah melalui beberapa kegiatan ilmiah, yaitu melakukan proses pendalaman permasalahan, analisis, desain dan implementasi pemograman. Dampak dari pelaksanaan kurtilas ini adalah pada proses pembelajaran diantaranya adalah adanya keharusan guru membuat rencana pembelajaran sesuai dengan tema-tema yang telah ditentukan, dengan sedikit mengesampingkan nama-nama mata pelajaran. Artinya bahwa pada satu kali pertemuan di kelas, beberapa mata pelajaran disampaikan, dengan batasan bahwa tema yang disampaikan harus sama. Pada bidang penilaian, terjadi beberapa perubahan signifikan, yaitu diantaranya bahwa nilai akhir siswa harus dalam bentuk kualitatif.

 

Keywords: kurtilas, pembelajaran, penilaian kualitatif, analisis, desain, dan  implementasi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/j-ensitec.v1i02.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 J-ENSITEC

Journal of Engineering and Sustainable Technology (J-ENSITEC) Published by Fakultas Teknik Universitas Majalengka (Print ISSN : 2407-6007 and Online ISSN: 2477-359X)

 

 

Visitor Number :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.