INOVASI MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO R3 MENGGUNAKAN LIGHT TRAP DAN ULTRASONIC WAVE UNTUK PENGENDALIAN HAMA SERANGGA PADA TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) BERTENAGA SOLAR CELL (STUDI KASUS : DESA SILIHWANGI)

Ii Sopiandi, Ardi Mardiana, Enceng Enda Suhada

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara agraris yang memproduksi hasil pertanian untuk kebutuhan pangan. Padi merupakan salah satu komoditas yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Terlepas dari melimpahnya lahan dan produksi padi sebagai komoditas unggulan Indonesia, para petani juga selalu memiliki kendala yang bisa mempengaruhi menurunnya hasil panen padi, faktor utamanya ialah serangan berbagai hama padi. Hama serangga merupakan salah satu hama utama bagi bagi tanaman padi, seperti wereng padi coklat (Nilaparpata Lugens (Stal)), wereng padi putih (Sogatella furcifera (Hovath)), Walang sangit (Leptocorisa spp.), Belalang (Locusta migratoria manilenses meyen) dan sejenisnya. maka dari itu biasanya petani menggunakan pestisida untuk mengendalikan hama serangga, Penggunaan pestisida kimia sebagai langkah untuk pengendalian hama serangga banyak menimbulkan masalah, antara lain meningkatnya resistensi hama terhadap pestisida kimia, meningkatnya risiko keracunan pada manusia dan hewan ternak, terkontaminasinya air tanah dan bahaya lain yang berkaitan dengan lingkungan. untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian alat pengendali hama serangga pada tanaman padi (Oryza Sativa L.) untuk meminimalisir serangan hama serangga pada padi, dengan menggunakan metode prototipe dalam penelitiannya, perangkat keras dibuat menggunakan Arduino Uno R3, yang digabungkan dengan komponen pendukung seperti Light Trap sebagai Cahaya Pemikat Hama Serangga, Sensor LDR Sebagai Pendeteksi cahaya, Sensor HC-SR04 untuk memancarkan Gelombang Ultrasonik, dan Buzzer sebagai bunyi pengaget hama yang menyerang pada siang hari serta untuk tenaga listriknya Bertenaga Sollar Cell 20 Wp sehingga ramah lingkungan.

Kata kunci: Alat Pengendali Hama, light Trap, Gelombang Ultrasonik, Sollar Cell

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/j-ensitec.v6i01.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 J-ENSITEC

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Engineering and Sustainable Technology (J-ENSITEC) Published by Fakultas Teknik Universitas Majalengka (Print ISSN : 2407-6007 and Online ISSN: 2477-359X)

 

 

Visitor Number :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.