SISTEM PAKAR PENYAKIT MATA DENGAN WML DAN PHP PADA PERANGKAT MOBILE (Studi Kasus Pada Warga Desa Heuleut Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka)

Asep Rachmat, Lia Milana, Ade Bastian

Abstract


Sistem Pakar untuk penyakit mata merupakan salah satu penerapan kepakaran dalam bidang kesehatan. Metode sistem pakar yang digunakan adalah forward dan backward chaining dengan pembuatan tree dari data-data penunjang. Sistem pakar penyakit mata dengan WML dan PHP pada perangkat mobile melaksanakan tapahan-tahapan yaitu : pengumpulan data-dan analisa data-data penyakit dan gejala menjadi tree antara penyakit dan gejala, analisa dan perancangan sistem yang berorientasi objek, implementasi berupa percobaan akses sistem melalui emulator dan perangkat mobile, serta penarikan kesimpulan dan kegunaan dari sistem pakar yang diterapkan. Fasilitas yang ditawarkan pada sistem pakar ini untuk user umum dan administrator, sehingga sistem bisa dipergunakan oleh user dan administrator sesuai dengan hak akses dan kebutuhannya masing-masing. User diberikan informasi mengenai berbagai macam penyakit mata beserta gejala-gejala klinisnya dan juga konsultasi mengenai gejala klinis yang menuntut user untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sistem untuk mengetahui hasil diagnosa. Sedangkan administrator dimudahkan dalam memanajemen sistem, baik proses tambah, hapus maupun update data terbaru.

 

Keywords: Perangkat Mobile, Sistem Pakar, Forward Dan Backward Chaining, WAP.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/j-ensitec.v1i02.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 J-ENSITEC

Journal of Engineering and Sustainable Technology (J-ENSITEC) Published by Fakultas Teknik Universitas Majalengka (Print ISSN : 2407-6007 and Online ISSN: 2477-359X)

 

 

Visitor Number :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.