PERANCANGAN MESIN PEMECAH KELAPA SAWIT KAPASITAS 1500 kg/jam

Yudi Samantha

Abstract


Penerapan sistem disentralisasi dibidang pertanian dan perkebunan membawa warga masyarakat Indonesia kedalam suatu kondisi yang tidak mandiri. Peranan koperasi yang menjadi tulang punggung dan notabene memberikan modal bagi para petani menjadi seperti tidak ada artinya dan seperti kehilangan mata rantai.

Setelah mengamati dan melihat hasil panen yang melimpah, penulis memperoleh kenyataan bahwa bagaimana cara mengolah hasil panen kelapa sawit, merupakan masalah yang perlu segera mendapatkan pemecahannya, yaitu dengan cara merancang mesin pengolah kelapa sawit (nut cracker) kapasitas 1500 kg/jam, yang harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan mesin kapasitas besar (pabrik besar).

Metoda perancangan yang digunakan adalah metode terstruktur dimana dalam penyusunan konsep dilakukan dengan cara pengumpulan informasi dari berbagai sumber dengan menyediakan sebuah mekanisme untuk solusi-solusi parsial yang terintegrasi. Diawali dengan identifikasi kebutuhan dan tahap-tahap perancangan untuk kemudian dilakukan perancangan dan pemilihan komponen serta perwujudan gambar agar informasi bisa disampaikan kepada pihak produksi. Dari hasil perhitungan diperoleh luas pada corong penampung 282.600 mm3, diameter silinder pemecah 500 mm, daya motor 2,2 kW (3 hp), kecepatan putaran 2388 rpm, tinggi rangka 910 mm dari permukaan tanah.

 

Keywords: disentralisasi, kelapa sawit, nut cracker


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/j-ensitec.v1i01.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 J-ENSITEC

Journal of Engineering and Sustainable Technology (J-ENSITEC) Published by Fakultas Teknik Universitas Majalengka (Print ISSN : 2407-6007 and Online ISSN: 2477-359X)

 

 

Visitor Number :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.