ANALISIS PERUMUSAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi kasus di CV. PIPET (Distro) DI Yogyakarta)

Whydiantoro Whydiantoro

Abstract


Perkembangan dunia bisnis yang semakin kompetitif menyebabkan perubahan besar luar biasa dalam persaingan, produksi, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia, dan penanganan transaksi antara perusahaan dengan pelanggan dan perusahaan dengan perusahaan. CV. PIPET (Distro) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang konveksi yang bekerja berdasarkan pesanan. Produk yang dihasilkan adalah pakaian seperti kaos, baju, celana panjang, celana pendek, topi, tas dan asesoris lainya. Sebagai upaya untuk mengokohkan kemampuan perusahaan (CV. PIPET) dalam persaingan bisnis tersebut adalah dengan menyusun strategi dan program yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.  Dalam penelitian ini, digunakan konsep Balanced Scorecard, dimulai dengan perumusan Visi dan Misi, analisis lingkungan internal dan eksternal, serta tema strategis sesuai dengan kondisi perusahaan. Metode analisa SWOT juga digunakan sebagai metode analisa yang paling dasar yang berguna untuk melihat suatu permasalahan dari empat sisi yang berbeda.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka pada persektif pelanggan, perusahaan berupaya meningkatkan nilai bagi pelanggan yaitu cepat tanggap terhadap respon yang diberikan pelanggan. Pihak manajemen diharapkan memberikan kebijakan yang mendukung pencapaian target dengan berdasarkan masukan yang berupa inisiatif strategi yang telah disiapkan sebagai suatu kesatuan dari alat ukur ini. Pada perancangan direncanakan pelaksanaan pengukuran yang dilakukan secara periodik sebagai pembanding pihak manajemenen untuk dapat  mengetahui benar adanya perubahan

 

Keywords: Pelanggan, Kepuasan, Pelayanan, Balanced Scorecard, SWOT, KPI.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/j-ensitec.v1i01.16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 J-ENSITEC

Journal of Engineering and Sustainable Technology (J-ENSITEC) Published by Fakultas Teknik Universitas Majalengka (Print ISSN : 2407-6007 and Online ISSN: 2477-359X)

 

 

Visitor Number :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.