PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN DALAM UPAYA MENCAPAI EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA PPK PRASARANA KONSERVASI SUMBER DAYA AIR (PKSDA) KECAMATAN KADIPATEN KABUPATEN MAJALENGKA

dody kusmayadi

Abstract


Penelitian  ini merupakan hasil penelitian yang telah penulis lakukan pada PPK Prasarana Konservasi Sumber Daya Air (PKSDA) Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka.Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan tersebut, ditemukan adanya masalah yang menunjukkan bahwa efektivitas kerja pegawai tampak belum optimal, hal ini dapat dilihat dari indikator masalah sebagai berikut:

  1. 1.      Pelaksanaan proyek sering terjadi tidak tepat sasaran, baik dari segi pengalokasian dana maupun dari waktu yang teah ditentukan.
  2. 2.      Lambatnya waktu penyampaian laporan-laporan dari yang telah ditentukan kepada pejabat-pejabat yang terkait.
  3. 3.      Masih ada sebagian  program kerja yang telah ditetapkan belum dapat   direalisasikan.

       Adapun yang dijadikan responden dalam penelitian penulis adalah pegawai pada PPK Prasarana Konservasi Sumber Daya Air (PKSDA) Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka dari populasi berjumlah 18 orang.dimana seluruh populasi tersebut  dijadikan sampel dengan menggunakan teknik sampling Jenuh.

Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Metode Deskriptif Analisis, yaitu suatu metode penelitian yang menguraikan atau menjelaskan kejadian yang timbul pada saat penelitian sedang berlangsung dan sifatnya aktual, kemudian data yang dikumpulkan disusun, dianalisa yang pada akhirnya dapat ditarik suatu kesimpulan.

Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini “Jika Pengawasan Oleh Pejabat Pembuat Komitmen Dilaksanakan Berdasarkan Prinsip-prinsip Pengawasan Maka Efektivitas kerja Pegawai Pada PPK Prasarana Konservasi Sumber Daya Air (PKSDA) Kecamatan Kadipaten   Kabupaten Majalengka Tercapaiâ€.

Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :bahwa Pejabat Pembuat Komitmen dalam pelaksanaan pengawasan belum sepenuhnya berdasarkan prinsip-prinsip pengawasan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil rekapitulasi secara keseluruhan baru mendapatkan nilai 66,01% dengan predikat “Cukup Baikâ€..Kondisi demikian jelas akan berpengaruh terhadap rendahnya efektivitas kerja pegawai pada PPK Prasarana Konservasi Sumber Daya Air (PKSDA) Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka,dimana secara keseluruhan berdasarkan rekapitulasi hasil tanggapan responden tentang pencapaian efektivitas kerja pegawaiPPK Prasarana Konservasi Sumber Daya Air (PKSDA) Kecamatan Kadipaten Kab. Majalengka sebesar 66,05%dengan predikat “Cukup Baikâ€


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.