PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH CAMAT DALAM UPAYA MENCAPAI KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT MALAUSMA KABUPATEN MAJALENGKA

tati hartati

Abstract


Penyusunan penelitian ini di dasarkan pada hasil pengamatan pada saat pra penelitian, ternyata kinerja pegawai pada Kantor Camat Malausma Kabupaten Majalengka masih rendah, gejala tersebut diduga terjadi karena Camat dalam pelaksanaan pengawasan belum sepenuhnya berusaha menerapkan prinsip-prinsip pengawasan.

Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif analitis, dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta angket, dimana yang dijadikan responden adalah sebanyak 20 orang dari keseluruhan jumlah populasi sebanyak 21 orang, dengan menggunakan metode sensus, diperoleh hasil sebagai beriku :

Dalam pelaksanaan pengawasan, ternyata Camat berdasarkan “kriteria pengukuran analisis data†baru mencapai predikat “cukup baikâ€. Kondisi demikian jelas akan menghambat di dalam meningkatkan kepatuhan dan tanggung jawab pegawai di dalam pelaksanaan tugasnya, yang pada akhirnya akan menghambat dalam peningkatan kinerja pegawai pada Kantor Camat Malausma Kabupaten Majalengka. Hal ini terbukti dari hasil penelitian tentang kinerja pegawai pada Kantor Camat Malausma  Kabupaten Majalengka, yaitu baru berada pada interval terendah dari predikat “cukup baikâ€, berdasarkan “pengukuran analisis dataâ€.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penyusun dapat menarik suatu kesimpulan, yaitu pelaksanaan pengawasan oleh Camat yang didasarkan pada prinsip-prinsip pengawasan mempunyai hubungan serta pengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai pada Kantor Camat Malausma Kabupaten Majalengka.

Dengan demikian, maka hipotesis yang penyusun ajukan dapat diterima dan terbukti kebenarannya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.