PELAKSANAAN PENGAWASAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN MAJALENGKA

diding bajuri

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika mengenai pelaksanaan pengawasan oleh Kepala Dinas dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.

Dari hasil penelitian yang kami lakukan ternyata Kinerja pegawai masih rendah, hal ini terlihat dari beberapa indikator, yaitu : Tingkat kedisiplinan dan kualitas kerja pegawai masih belum memenuhi harapan terkait dengan kurangnya ketaatan pegawai terhadap jam kerja, terutama untuk mengikuti kegiatan apel pagi dan apel sore. Masih terdapat pegawai dalam melaksanakan tugasnya kurang maksimal, seperti ngobrol, baca koran, nonton tv, main games saat jam kerja. Masih terdapatnya pegawai yang selalu datang terlambat dan pulang lebih cepat. Adanya sarana dan prasarana penunjang pekerjaan yang sudah kurang memadai, antara lain computer yang lelet dan printer selalu mengalami gangguan.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami merasa tertarik untuk melakukan  penelitian mengenai pelaksanaan pengawasan oleh Kepala Dinas dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.

Berdasarkan asumsi penelitian, kami mengajukan hipotesis :â€jika pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Dinas berdasarkan pada Metode–metode pengawasan maka kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka meningkat.

Dalam penelitian kami menggunakan metode penelitian secara deskriptif analisis dan instrumen penelitian yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan. Studi lapangan terdiri dari observasi, wawancara dan angket.Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelaksanaan pengawasan oleh kepala Dinas belum dilaksanakan berdasarkan Metode-metode pengawasan. Hal tersebut mengakibatkan masih rendahnya kinerja pegawai.Sehingga hipotesis yang kami ajukan teruji kebenaranya dan dapat diterima.


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.