KUALITAS PELAYANAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN MAJALENGKA

Hj. Dewi Maharani, S.IP., M.Si.

Abstract


Pada hakekatnya tugas pokok Pemerintah sebagai  Organisasi Publik adalah pemberi Pelayanan kepada masyarakat. Demikian pula dengan SAMSAT Kabupaten Majalengka, sebagai salah satu Organisasi Publik yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik. SAMSAT bertugas melayani masyarakat dalam hal pengurusan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Dan Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Sektor pajak merupakan sektor yang penting dalam pembangunan nasional, karena sebagian besar pembangunan dibiayai dari sektor pajak yang termasuk di dalamnya sektor PKB dan BBNKB. Pajak dari sektor PKB dan BBNKB terus mengalami peningkatan yang salah satunya disebabkan karena semakin banyaknya jumlah wajib pajak yang membayar pajak.  Setiap harinya SAMSAT melayani ratusan wajib pajak. Dengan meningkatan jumlah wajib pajak, SAMSAT Kabupaten Majalengka berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada wajib pajak, mengingat dari wajib pajaklah SAMSAT dapat menarik pajak yang pada akhirnya pajak itu akan digunakan untuk pembiayaan negara. Sebagai salah satu kontribusinya, SAMSAT berusaha memberikan pelayanan yang terbaik sesuai harapan dan kebutuhan wajib pajak.

     Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dimana SAMSAT Kabupaten Majalengka dipilih sebagai lokasi penelitian. Teknik Pengumpulan Data menggunakan: Wawancara dan Dokumentasi.  Hasil penenelitian yang dilakukan, jika dilihat dari kehandalan pegawai dalam memberikan pelayanan, maka pegawai dikatakan cukup handal tetapi jika dilihat dari daya tangkap pegawai dalam menanggapi keluhan wajib pajak dapat dikatakan masih belum memuaskan. Prosedur pelayanan yang ditetapkan SAMSAT dalam hal perpanjangan STNK lebih mudah dipahami tetapi prosedur pelayanan PKB baru dan BBNKB cukup berbelit-belit dan tidak ada papan alur pelayanannya sehingga hal ini menyulitkan wajib pajak. Ada beberapa faktor penghambat yang dialami SAMSAT untuk menjalankan kualitas pelayanannya. Selain itu SAMSAT juga sudah melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan pelayanannya.

     Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas Pelayanan SAMSAT  Kabupaten Majalengka belum memuaskan wajib pajak, untuk itu masih perlu dilakukan usaha-usaha baru dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pada wajib pajak.

Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.