PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI DINAS KOPERASI USAHA KECIL MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN(KUKM PERINDAG) KABUPATEN MAJALENGKA

Tera Triyantara HRN

Abstract


Kepemimpinan ialah kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.

Berdasarkan hasil penelitian serta pengamatan yang telah dilakukan peneliti pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Majalengka dihasilkan sebagai berikut :

  1. 1.        Kinerja pegawai pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan tergolong sangat baik.
  2. 2.        Berdasarkan penelitian serta pengamatan peneliti bahwa kepemimpinan pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan tergolong baik.
  3. 3.        Yang menjadi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan koordinasi

Serta  dalam definisi bahwa kepemimpinan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain, bawahan atau kelompok, memiliki kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang diinginkan oleh kelompoknya, untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok..

Untuk kemajuan instansi hendaknya pegawai berperan aktif memberikan saran, ide atau gagasan yang membangun dengan begitu akan meningkatkan produktivitas kerja pegawai dan intansi tersebut.

Pemimpin hendaknya lebih berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan atau pekerjaan pegawai yang tergolong penting, sehingga pemimpin dapat menjadi contoh bagi pegawai, menjadi motivator yang selalu dapat memberikan semangat dan arahan kepada para pegawai.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.