PENGARUH PENGAWASAN DAN DISIPLIN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA KANTOR PUSAT PDAM MAJALENGKA

Hafni Rizanuddin Nur, ST., MM.

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pengawasan yang dilakukan Perusahaan Daerah Air Minum Majalengka (2) untuk mengetahui bagaimana disiplin karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Majalengka (3) untuk mengetahui produktivitas kerja karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Majalengka (4) untuk mengetahui besarnya pengaruh pengawasan terhadap produktivitas kerja karyawan (5) untuk mengetahui besarnya disiplin terhadap produktivitas kerja karyawan.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pemberian kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Kuesioner diberikan kepada 39 responden. Uji validitas menggunakan rumus Pearson Product Moment (PPM) dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Rancangan analisis data digunakan analisis regresi ganda dan korelasi parsial dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pengawasan dengan total skor 1566 termasuk kategori baik. Pengawasan berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin kerja berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung > nilai t tabel (3,943 > 2,041) serta memberikan kontribusi pengaruh sebesar 4,71% terhadap produktivitas kerja dan sisanya 95,29% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti. Disiplin dengan skor total 2349 termasuk kategori baik, Disiplin berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung > nilai t tabel (2,706 > 2,041) serta memberikan kontribusi pengaruh sebesar 9,67% terhadap produktivitas kerja pegawai dan sisanya 90,33% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti. Produktivitas kerja karyawan dengan skor total 1636 termasuk kategori baik.

 

Kata Kunci : Pengawasan, Displin Karyawan, Produktivitas, PDAM Majalengka


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.