PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH KEPALA DINAS DALAM MENCAPAI EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAJALENGKA

Hj Dewi Maharani, S.IP.,M.Si

Abstract


Penelitian ini berdasarkan hasil penelitian pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majalengka. Penelitian ini didasarkan pada adanya permasalahan efektivitas kerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majalengka masih rendah. Berdasarkan pengamatan gejala tersebut diduga karena fungsi pengawasan Kepala Dinas belum sepenuhnya didasarkan pada teknik-teknik pengawasan diantaranya belum berusaha menentukan standar yang obyektif, baik dalam penentuan target kerja maupun penerapan sanksi.

Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan disertai teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta angket, dimana yang dijadikan responden sebanyak 28 orang pegawai dari jumlah populai sebanyak 29 orang dengan menggunakan metode sensus.

Dari hasil analisis data pada Bab IV berdasarkan angket dan wawancara penyusun menyimpulkan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Dinas belum mencapai hasil yang optimal dalam meningkatkan efektivitas kerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majalengka. Hal ini dilihat dari hasil rekapitulasi nilai tertinggi dalam penerapan teknik-teknik pengawasan oleh Kepala Dinas yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 58% serta efektivitas kerja pegawai memperoleh nilai rata-rata 56% dengan predikat “Cukup Baikâ€.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.