PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH KEPALA UPTD DALAM UPAYA MENCAPAI EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) PUSKESMAS DPT JATIWANGI KABUPATEN MAJALENGKA

Amiruddin Setiawan, Drs., M.Si

Abstract


Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang telah penyusun lakukan pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas DTP Jatiwangi Kabupaten Majalengka.Dalam penelitian ini penyusun meneliti mengenai pelaksanaan pengawasanoleh Kepala UPTDdalam upaya mencapaiefektivitas pelayanan kesehatan pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas DTP Jatiwangi Kabupaten Majalengka.

Dari hasil penelitian yang telah penyusun lakukan menggambarkan efektivitas pelayanan kesehatan masih rendah, hal ini terlihat dari beberapa indikator, yaitu:

1.    Lambat dan lamanya  pelayanan pemberian obat-obatan yang diberikan kepada pasien sehingga harus lama menunggu. Hal ini menunjukkan kurang cakapnya pegawai dalam melaksanakan  pekerjaannya, sehingga menimbulkan ketidakpuasan masayarakat atas pelayanan puskesmas.

2.    Pegawai Belum menunjukkan Sikap profesional serta kurang ramahnya petugas dalam melayani pasen.Hal ini ditunjukkan pada saat pendaftaran pasen di loket pendaftaran.

3.    Pegawai dalam memberikan pelayanan kesehatan bersikap kaku dan terkesan      tidak bersahabat atau kurang ramah, belum mencerminkan sebagai pelayan     masyarakat.

Gambaran masalah tersebut diduga disebabkan pengawasan yang dilakukan oleh Kepala UPTD  belum berdasarkan pada prinsip-prinsip pengawasan,

Metode penelitian yang penyusun gunakan adalah Metode Deskriptif Analisis, yaitu suatu metode penelitian yang menguraikan atau menjelaskan kejadian yang timbul pada saat penelitian sedang berlangsung dan sifatnya aktual, kemudian data yang dikumpulkan disusun, dianalisa yang pada akhirnya dapat ditarik suatu kesimpulan.

Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :bahwaKepala UPTD dalam pelaksanaan pengawasan belum sepenuhnya berdasarkan prinsip-prinsip pengawasan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil rekapitulasi secara keseluruhan baru mendapatkan nilai 67,15% dengan predikat “Cukup Baikâ€..Kondisi demikian jelas akan berpengaruh terhadap rendahnya Efektivitas Pelayanan Kesehatanpada lakukan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) DTP Jatiwangi Kabupaten Majalengka,dimana secara keseluruhan berdasarkan rekapitulasi hasil tanggapan responden tentang pencapaian Efektivitas Pelayanan Kesehatan (UPTD) DTP Jatiwangi sebesar 67,51%dengan predikat “Cukup Baikâ€

Dari uraian tersebut maka pengawasan dengan Efektivitas Pelayanan Kesehatan terdapat hubungan sebab akibat, hal ini berarti hipotesis yang penyusun ajukan, dapat diterima dan teruji kebenarannya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.