PELAKSANAAN PENGAWASAN CAMAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA

Ratna S.IP., M.Si

Abstract


Penelitian di kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Hal ini di tandai dengan beberapa indikator masalah yang muncul di antaranya sebagai berikut: 1). Masih terdapat keterlambatan dalam menyelesaikan pekerjaan dan laporan kegiatan. 2). Pegawai pada umumnya kurang mematuhi jam kerja. 3). Pegawai kadang-kadang masih ada yang tidak memakai seragam kerja lengkap.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah penyusun dilakukan di lapangan dengan beberapa indikator masalah yang muncul maka penyusun menyimpulkan untuk menarik judul yaitu “ Pelaksanaan Pengawasan Camat Dalam Upaya Meningkatkan Displin Kerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka” penyusun mengambil prinsip-prinsip pengawasan menurut Silalahi dalam bukunya “Studi Ilmu Administrasi kose dimensi” dan disiplin kerjanya mengambil dari buku “Hasibuan”Manajemen Tenaga Kerja” Selain itu penelitian ini menggunakan (Metode Deskriptif Analisis) dan (Teknik Total Sampel dan Teknik Modus ) Untuk mengumpulkan data variabel bebes maupun terikat melelui penyebaran angket secara tertutup, skala yang digunakan skala likers atau berjenjang dengan jawaban selalu, kadang-kadang dan tidak pernah. Adapun untuk penarikan sampel mengunakan teknik total sampel (sensus), yaitu terdiri dari 20 orang dijadikan responden. Berdasarkan hasil analisis angket atas dasar jawaban responden, untuk peleksanaan pengawasan Camat dalam upaya meningkatkan disiplin kerja pegawai pada Kantor Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka sudah mencapai predikat “Cukup Baik” dengan hasil Rekapitulas Variabel (X) berjumlah (54%). Sedangkan upaya disiplin kerja itu sendiri apabila dihubungkan dengan standar prensentase menurut “Suharsimi Arikunto” sudah mencapi “Cukup Baik” dengan hasil Rekapitulasi Variabel (Y) Berjumlah (51%) Jadi berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa Camat dalam melaksanakan pengawasannya masih perlu berusaha lagi dalam menerapkan teknik-teknik, prinsip-prinsip/metode-metode pengawasan dalam upaya meningkatkan disiplin kerja pegawai.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.