PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KEPALA DESA TALAGAWETAN KECAMATAN TALAGA KABUPATEN MAJALENGKA

H. Eman Sudirman

Abstract


Penelitian dengan judul Peran Kepemimpinan Kepala Desa dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kepala Desa Talagawetan Kecamatan Talaga KabupatenMajalengka,bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan peran kepemimpinan Kepala Desa dengankualitas pelayanan yang dilaksanakan pada Kantor Kepala Desa Talagawetan Kecamatan Talaga KabupatenMajalengka, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayanan tersebut. 

Desa Talagawetan merupakan salah satu desa yang terletak pada kota Kecamatan, dan termasuk salah satu desa yang menjadi percontohan oleh desa desa lain di Kecamatan Talaga. Kendati hal demikian, pelayanan pada Kantor Kepala Desa Talagawetan belumlah mencapai predikat pelayanan yang berkualitas sesuai dengan standar pelayanan yang mengacu terhadap lima dimensi pelayanan, adapun5 (lima) dimensi tersebut yaitu: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty. Adapun yang menjadi penghambat akan terciptanya pelayanan yang berkualitas yaitu, diduga karena Kepala Desa selaku pemimpin belum optimal dalam melaksanakan teknik teknik kepemimpinan.

Sedangkan kepemimpinan bukan sesuatu yang baru namun tetap relevan dan penting dikaji olehpara teoritisi, praktisi, politisi dan bahkan oleh masyarakat pada umumnya. Banyaknyaperhatian terhadap kepemimpinan, mengingatperannya dalam pelayanan publik. Dalam konteks sistem administrasinegara, peran kepemimpinan dalam pelayanan publikpada aparatur negara menjadi sangat penting, karena diyakini sebagaifaktor penentu arah perjalanansuatu bangsa.Agar pelayanan publik menjadi lebih baik, maka harus dibangun kerjasama yang baik antaraseorang pimpinan dengan yang dipimpinnya.

Kepemimpinan akan diukur dengan menggunakan 6 (enam) teknik-teknik kepemimpinan, yaitu : Teknik Pematangan dan Penyiapan Pengikut, Teknik Human Relitions ( Hubungan Kemanusiaan ), Teknik Menjadi Teladan, Teknik Pemberian Perintah, Teknik Sistem Komunikasi Yang Cocok, dan Teknik Penyediaan Pasilitas.

Sedangkan dalam pengumpulan data, yaitu data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi dan wawancara,kemudian dianalisis secara kualitatif.

Dengan demikian, maka peran kepemimpinan dan kualitas pelayanan pada Kantor Kepala Desa Talagawetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka secara keseluruhan baru mencapai perdikat “ cukupâ€. Untuk itu disarankansegera diadakan perbaikan-perbaikan terhadap kelemahan yang masih dialami agar supaya peran kepemimpinan dan kualitas pelayanan pada Kantor Kepala Desa Talagawetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka menjadi lebih baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.