PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN OLEH KEPALA CABANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM CABANG MAJALENGKA

Atik Kartikah

Abstract


Hasil pembangunan harus benar-benar dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia, baik itu pembangunan yang dilaksanakan di Pusat Maupun di daerah. Dengan semakin meningkatnya pembangunan di daerah serta meningkatnya jumlah penduduk, maka kebutuhan masyarakat akan air minum juga semakin meningkat baik kuantitas maupun kualitas.

Guna memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Majalengka, pemerintah daerah memandang perlu untuk membentuk suatu organisasi yang mengelola air bersih dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama air minum. Untuk itu dibentuk Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Cabang Kabupaten Majalengka.

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada kantor PDAM Cabang Majalengka, ternyata prestasi kerja pegawai masih rendah. Hal ini dapat dibuktikan dengan masih adanya pegawai dalam menyelesaikan pekerjaannya baru mencapai 50% belum optimalnya pegawai dalam melaksanakan pekerjaan dan masih adanya pegawai yang menunda-nunda pekerjaan.

Dari permasalahan tersebut, penulis mencoba untuk mengetahui lebih mendalam tentang pelaksanaan kepemimpinan yang berkaitan dengan prestasi kerja pegawai pada kantor PDAM Cabang Majalengka yang selanjutnya penulis tuangkan hasil penelitian itu sebagai karya ilmiah dalam bentuk skripsi dengan judul “Pelaksanaan Kepemimpinan Oleh Kepala Cabang Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Kerja Pegawai Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cabang Majalengka.

Selanjutnya hipotesis yang penulis ajukan adalah “Jika pelaksanaan kepemimpinan oleh Kepala Cabang berdasarkan pada teknik-teknik kepemimpinan, maka prestasi kerja pegawai pada kantor PDAM Cabang Majalengka meningkatâ€.

Untuk menguji kebenaran hipotesis tersebu, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif analisis dan teknik pengumpulan data yang digunakan dengancara observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Adapun yang dijadikan sampel sebanyak 15 orang pegawai dengan cara teknik sampling jenuh.

Pelaksanaan kepemimpinan oleh Kepala Cabang dalam kaitannya dengan prestasi kerja pegawai dapat dilihat dari hasil analisa teknik-teknik kepemimpinan yang sudah dilaksanakan dengan cukup yaitu teknik pematangan/penyiapan pengikut, teknik menjadi teladan dan teknik penggunaan sistem komunikasi yang cocok, tetapi semua teknik itu perlu ditingkatkan lagi. Sedangkan teknik yang belum dilaksanakan dengan baik yaitu teknik human relations, teknik persuasi dan pemberian perintah, dan teknik penyediaan fasilitas-fasilitas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.