PENGARUH PERENCANAAN STRATEGIS TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAIPADABADAN PUSAT STATISTIK (BPS) KABUPATEN MAJALENGKA

Sutadji Suryo P.

Abstract


Penelitian ini berjudul Pengaruh Perencanaan Strategis Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai  Pada Badan Pusat Statistik (BPS)  Kabupaten Majalengka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Perencanaan Strategis terhadap Efektivitas Kerja pegawai pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Majalengka, kemudian untuk mengungkap pengaruh tersebut penyusun menggunakan pendapat Bryson & Alston (2004) untuk proses Peerencanaan Strategis, sedangkan untuk Efektivitas Kerja menggunakan pendapat dari Sondang P. Siagian (1985:151).

Desain penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner sebagai instrument pertama, disamping wawancara, observasi dan dokumentasi yang diolah menggunakan program SPSS 17.0 dengan cara pendekatan kuantitatif menggunakan teknik Sampling jenuh. Responden penelitian iniadalah pegawai/karyawan pada Badan Pusat Statistik (BPS) KabupatenMajalengka.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perencanaan strategis mempunyai pengaruh terhadap Efektivitas Kerja pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Majalengka dengan tingkat kepercayaanya itu ada pengaruh yang signifikan tetapi masih rendah.

Kesimpulan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa untuk mencapai efektivitas kerja dengan tepat maka dilakukan kegiatan mengembangkan data dan informasi sejauhmana proses perencanaan strategis terhadap efektivitas kerja Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Majalengka dapat dijalankan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan metode deskrisianalisis, Perencanaan  strategis Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Majalengka terhadap efektivitas kerja pegawai berpengaruh positif dan signifikan, namun teruji masih rendah. Sedangkan faktor lain yang tidak terdefinisi, cukup besar mempengaruhi variable Efektivitas Kerja, selain variable perencanaan strategis.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.