PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH KEPALA UPTD DALAM UPAYA MENCAPAI EFEKTIVITAS PEMELIHARAAN JARINGAN IRIGASI PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) JARINGAN IRIGASI WILAYAH MAJALENGKA KOTA KABUPATEN MAJALENGKA

Tera Triyantara HRN

Abstract


Penelitianyang telah penulis lakukan pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Jaringan Irigasi Wilayah Majalengka KotaKabupaten Majalengka. Dalam penelitian ini penulis meneliti mengenai pelaksanaan pengawasanoleh Kepala UPTDdalam upaya mencapaiefektivitas pemeliharaan jaringan irigasi pada UPTD Jaringan Irigasi Wilayah Majalengka KotaKabupaten Majalengka.

Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Metode Deskriptif Analisis, yaitu suatu metode penelitian yang menguraikan atau menjelaskan kejadian yang timbul pada saat penelitian sedang berlangsung dan sifatnya aktual, kemudian data yang dikumpulkan disusun, dianalisa yang pada akhirnya dapat ditarik suatu kesimpulan.Sedangkan Teknik Pengumpulan Data yang penulis gunakan, yaitu studi kepustakaan ,Observasi, Wawancra dan Angket.

Selanjutnya, untuk meneliti variabel Pengawasan, penulis menggunakan parameter/alat ukur prinsip-prinsip pengawasan yang dikemukakan oleh Soewarno Handayaningrat dalam bukunya “Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen.â€

Sedangkan untuk meneliti variabel kinerja pegawai menggunakan parameter/alat yang dikemukakan oleh Gibson Ivancevich, Donelly. Dalam bukunya “Organisasi Perilaku, struktur dan Proses. 

Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini “Jika Pengawasan Oleh Kepala UPTD Dilaksanakan Berdasarkan Prinsip-prinsip Pengawasan Maka Efektivitas pemeliharaan jaringan irigasi Pada  lakukan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Irigasi Wilayah Majalengka Kota Kabupaten Majalengka Tercapai.â€

Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :bahwa Kepala UPTD dalam pelaksanaan pengawasan belum sepenuhnya berdasarkan prinsip-prinsip pengawasan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil rekapitulasi secara keseluruhan baru mendapatkan nilai 62,92% dengan predikat “Cukup Baikâ€. Kondisi demikian jelas akan berpengaruh terhadap rendahnya efektivitas pemeliharaan jaringan irigasi pada lakukan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Irigasi Wilayah Majalengka Kota Kabupaten Majalengka, dimana secara keseluruhan berdasarkan rekapitulasi hasil tanggapan responden tentang pencapaian efektivitas pemeliharaan jaringan irigasi(UPTD) Irigasi Wilayah Majalengka Kota sebesar 64,98% dengan predikatCukup Baik.

            Dari uraian tersebut maka pengawasan dengan efektivitas pemeliharaan jaringan irigasi  terdapat hubungan sebab akibat, hal ini berarti hipotesis yang penulis ajukan, Dapat diterima dan teruji kebenarannya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.