MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN WRITING DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Budi Febriyanto

Abstract


Salah satu tujuan penting dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar adalah menumbuhkan minat anak dalam belajar bahasa Inggris. Pembelajaran bahasa Inggris terintegrasi dalam empat keterampilan berbahasa yaitu listening, speaking, reading, dan writing. Diantara empat keterampilan berbahasa tersebut, writing merupakan keterampilan yang cukup kompleks. Pembelajaran writing di sekolah dasar haruslah disajikan semenarik mungkin agar siswa tidak merasa bosan. Maka dari itu dibutuhkan kemampuan guru untuk dapat menyajikan paket pembelajaran yang menarik dan bermakna. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan salah satu teknik pembelajaran kooperatif yaitu make a match agar dapat menyajikan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan bagi siswa serta mampu membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan writingnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan
hasil belajar siswa kelas V SD dalam pembelajaran writing dengan menggunakan make a match. Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V dilakukan di SD Negeri Cikoneng, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, catatan lapangan, worksheet, lembar evaluasi dan dokumentasi. Data diperoleh, dianalisis dan direfleksi dengan menggunakan metode deskripsi kualitatif. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaanmake a match pada pembelajaran writing telah memperlihatkan perubahan hasil belajar pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti melaporkan hasil secara keseluruhan siklus dan tindakan yang didasarkan atas penilaian proses dan hasil yang diperoleh pada siswa dengan nilai individu  pada siklus I memperoleh nilai sebagai berikut: Hasil belajar siswa dalam pembelajaran writing di kelas V SD dengan menggunakan make a match sudah cukup baik, karena nilai rata-rata hasil belajar siswa sudah mencapai 57,5. Sedangkan pada siklus II hasil pembelajaran siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 63,6, dan pada siklus III hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 77,2. Dengan demikian penggunaan make a match dalam
pembelajaran writing dapat meningkatkan kemampuan writing siswa. Oleh karena itu peneliti merekomendasikan bagi  guru menggunakan make a match dalam pembelajaran writing dengan memperhatikan pengelolaan kelas sehingga mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal.
Kata Kunci: Cooperative Learning, Make A Match, Pembelajaran Writing

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i2.765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Budi Febriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

         

         

    

  

 

Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.