PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI MEMBACA DAN MEMBUAT KALIMAT MELALUI MEDIA GAMBAR DUA DIMENSITEMA KEGIATANKU PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI BANJARAN

Rohaeti Rohaeti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran di kelas 1, untuk mengkaji kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran dan untuk mencari solusi yang tepat dalam mengatasi kendala yang dihadapi guru adalah dalam  Peningkatan Penguasaan Materi Membaca dan Membuat Kalimat Melalui Media Gambar Dua Dimensi Tema Kegiatanku pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Banjaran.  Melalui Media Gambar Dua Dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri Banjaran. Variabel yang menjadi sasaran pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar Kelas 1 SD Negeri Banjaran. Bentuk penelitian ini adalah tindakan kelas dengan model siklus. Tiap siklus terdiri dari  beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan. observasi dan refleksi. Sebagai populasi adalah siswa kelas 1 SD Negeri Banjaran yang berjumlah 25 orangsiswa . Teknik pengumpulan data variable pengumpulan data variabel peningkatan hasil belajar adalah observasi, pencatatan arsip dan dokumen, dan tes perekaman . Teknik melalui data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan dibanding sebelum tindakan sebelumnya.                Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran membaca dan membuat kalimat melalui media gambar dua dimensi pada siswa kelas 1 SD Negeri Banjaran tahun ajaran 2015/2016 bisa meningkatkan prestasi belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal has been Indexed by:

                       

  

Creative Commons License
Cakrawala Pendas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2015. All Rights Reserved.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Majalengka - (UNMA)