PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMETAAN PIKIRAN

E Kosmajadi

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi fenomena belum optimalnya hasil belajar siswa SD dalam menulis puisi bebas. Untuk mengatasinya dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan teknik pemetaan pikiran, dengan tujuan : 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran menulis puisi bebas di kelas V SD  ; 2) Untuk meningkatkan motivasi siswa kelas V SD dalam menulis puisi bebas; dan 3) Untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas bagi siswa kelas V SD  melalui teknik pemetaan pikiran.

Desain penelitian menggunakan classroom action research model Kemmis dan Mc Taggart, dilaksanakan melalui tiga siklus yang terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi untuk aktifitas guru dan siswa serta lembar tes hasil belajar.  Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri   Sukamaju sebanyak 29 orang.

Penelitian berlangsung selama tiga siklus, dari hasil pengamatan pada siklus I, aktifitas siswa, aktifitas guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, serta hasil tes kemampuan menulis puisi mengalami peningkatan dibandingkan dengan pra siklus, walaupun belum memuaskan. Dari hasil analisis dan refleksi pada siklus I masih terdapat  kelemahan, baik aktifitas siswa dan guru maupun kemampuan siswa dalam menulis puisi, sehingga tindakan dilanjutkan kepada siklus II, demikian juga pada siklus II yang masih memerlukan siklus III. Dari analisis dan refleksi setiap siklus, diperoleh hasil bahwa aktifitas siswa, aktifitas guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta hasil tes kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas terdapat peningkatan yang berarti, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik pemetaan pikiran dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD dalam menulis puisi bebas.

 Berdasarkan data-data pelaksanaan tindakan ternyata hipotesis yang dirumuskan peneliti terbukti. Maka, teknik pemetaan pikiran disarankan kepada guru untuk diterapkan pada pembelajaran menulis puisi bebas pada siswa SD.

 

Kata Kunci : Kemampuan menulis, menulis puisi bebas, model pembelajaran, dan teknik pemetaan pikiran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal has been Indexed by:

                    

  

Creative Commons License
Cakrawala Pendas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2015. All Rights Reserved.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Majalengka - (UNMA)