PENDEKATAN RELIGIUS YANG DIGUNAKAN SISWA MI DALAM MENJELASKAN FENOMENA ALAM

Dici Rizka Anditia

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan pendekatan religius yang digunakan siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Inayah kelas satu sampai dengan kelas enam ketika menjelaskan fenomena alam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pendekatan yang digunakan siswa dengan latar belakang sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Serta untuk mengetahui perbedaan pendekatan yang digunakan siswa pada setiap jenjang kelas.  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konsep pembelajaran IPA yang diperoleh dari hasil penyelidikan fenomena yang terjadi di alam, namun masyarakat seringkali memandang fenomena alam yang dianggap tidak lazim dengan sudut pandang non ilmiah. Media seringkali mempublikasikan fenomena alam yang dikaitkan dengan mitos. Masyarakat dan media mempunyai peran yang sangat berpengaruh terhadap konsep berpikir siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu hasil tes siswa mengenai fenomena alam yang diperkuat dengan wawancara. Hasil tes menunjukkan Siswa dominan menggunakan pendekatan religius, semakin tinggi jenjang kelas semakin tinggi penggunaan pendekatan religiusnya. Hal ini menunjukkan siswa belum menjadikan pendekatan ilmiah sebagai dasar utama pemecahan masalah sains. Siswa dengan latar belakang Madrasah Ibtidaiyah sebagian besar menggunakan sudut pandang religius dalam menjelaskan fenomena sains, pendekatan ilmiah harus terus diberi penguatan oleh guru karena fenomena alam yang berkaitan dengan sains dapat dijadikan dasar berpikir ilmiah.

 

Kata Kunci : Pendekatan Religius, Menjelaskan Fenomena alam.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v2i2.330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dici Rizka Anditia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.