PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Hany Uswatun Nisa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak guru yang belum memaksimalkan pembelajaran seperti mengembangkan bahan pembelajaran yang dibutuhkan. Bahan ajar berupa buku teks merupakan salah satu media yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan prosedur penelitian yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) Pengembangan bahan ajar (3) validasi bahan ajar yang telah dikembangkan. Hasil tes keterbacaan dari bahan ajar ini juga menunjukkan bahwa kriteria keterbacaan mudah dipahami dengan nilai rata-rata siswa menjadi 88%. Berdasarkan paparan penelitian yang telah dilakukan, pengembangan materi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V Sekolah dasar berbasis kontekstual dinyatakan valid.

 

Kata kunci: Bahan Ajar,  Kontekstual


Full Text:

100-104

References


Majid abdul. (2012). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.

R. Rachmadtullah, Z. Ms, and M. S. Sumantri, “Development of computer - based interactive multimedia : study on learning in elementary education,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 4, pp. 2035–2038, 2018.

Chaer, Abdul. (2013). Lingustik Umum. Jakarta : Rineka Cipta

Silvia, (2010). Undang-undang Dasar 1945 & Amandemennya. Jakarta : Generasi Cerdas

Susanto. Ahmad. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Pernadamedia Group.

Saleh. Muhammad. (2015). Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis kurikulum 2013 yang mengintegrasikan nilai karakter bangsa di SMP. Jurnal pendidikan dan pembelajaran, volume 22, nomor 2.

Abdin. Yunus. (2012). Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter. Bandung; Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hany Uswatun Nisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.