TEKNIK PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DALAM DISAIN PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MATA PELAJARAN IPS

Ino Budiatman, Arry Patriasurya

Abstract


Penelitian ini berupaya menemukan teknik yang paling efektif dari tiga teknik yang berbeda dalam metode kooperatif, yaitu: jigsaw, Numbered Head Together (NHT), dan Think Pair Share (TPS) dalam mempelajari mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas 5 SDN di kota Tangerang, provinsi Banten. Sampel penelitian ditarik sebanyak 3 sekolah dengan teknik cluster random sampling. Masing-masing sampel diberikan teknik belajar yang berbeda sebanyak empat kali dengan topik yang sama sebelum mengukur hasil belajarnya. Hasil analisis data memperlihatkan terdapat perbedaan yang signifikan antara Jigsawdengan NHT dan TPS. Analisis lebih lanjut menginformasikan bahwa hasil belajar dengan teknik TPS memiliki angka yang lebih tinggi dibandingkan dengan NHT atau pun Jigsaw. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa teknik TPS cenderung lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di antara ketiga teknik tersebut, disusul kemudian oleh NHT dan Jigsaw untuk mata pelajaran IPS.


Keywords


Jigsaw, NHT, TPS, Hasil Belajar

Full Text:

70-79

References


Adams, Francis Hull (2013) Using Jigsaw Technique As An Effective Way Of Promoting Cooperative Learning Among Primary Six Pupils In Fijai. International Journal Of Education And Practice, 2013, 1(6):64-74

Arató, Ferenc dan Aranka Varga. (2015) A Handbook for learning together – an introduction to co-operative learning, Róbert Marcz and Berta Bakony (trans.) Pecs: University of Pécs, Faculty of Humanities, Institute of Education Sciences

Azmin, Nur Hafizah (2016) Effect of the Jigsaw-Based Cooperative Learning Method on Student Performance in the General Certificate of Education Advanced-Level Psychology: An Exploratory Brunei Case Study. International Education Studies Vol. 9, No. 1.

Ellena, Raissa Citra dan Dewi Retno Suminar, (2018) Effectiveness Cooperative Learning Numbered Heads Together to Improve the Social Skills of Kindergarten’s Student. The International Journal of Social Science and Invention Vol 5 No 1

Garcia, Alejandro, Jesus Abrego, dan Reguenes Robert (2017)Using the Jigsaw Method for Meaningful Learning to Enhance Learning and Rentention in an Educational Leadership Graduate School Course. Global Journal of Human-Social Science: G Linguistics & Education Volume 17 Issue 5

Herwiyanti, Ratna Dwi dan Waspodo Tjipto Subroto, Agus Suprijono (2019) Implementation of Cooperative Learning Model in Numbered Heads Together for Improving 4th Grade Students Learning Achievement on Social Science, IOSR Journal of Research & Method in Education Volume 9, Issue 1 Ser. II.

Johnson, D.W., dan Johnson R, T. (2009). An Educational Psychology Success Story- Social Interdependence Theory and Cooperative Learning. Educational Researcher, 38, (5), 365-377

Kagan, S. (1990) Educational leadership. http://home.capecod.net/~tpanitz/tedsarticles/coopdefinition.htm.

Kasmarni (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Seberang Teluk Hilir Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Vol 3 (2) DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i2.7020, pp 297 - 305

Killen, R. (2007). Effective Teaching Strategies for OBE Teaching. (2nd, Ed). Boston: Social Science Press.

L. Tobing, Rosita, (2019) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas Vc SD Negeri 164 Pekanbaru dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT). Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Vol3 (1), pp 197 – 205

Mokodompit, Prisilia L. dan Debora ChaterinSimanjuntak (2018). Enhancing Students’ Reading Comprehension Ability Through Comparison Study Between Cooperative Learning Numbered Heads Together (NHT) And Thin-Pair-Share (TPS) Strategies. thesis. Bandung: Universitas Advent

Mulyati, Sri, (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sistem Persamaan Linear DuaVariabel. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Nurani, Zun (2019) Penggunaan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Pokok Bahasan Perkembangan Pemerintahan Orde Baru Siswa Kelas Xii IPS SMA Negeri 10 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)Vol 3 (2) DOI:. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i2.6828, pp 418-424/pjr

Sanjaya,Wina (2011) Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Slavin, Robert E. (1982) Cooperative learning. Cooperative Learning: Student Teams. What Research Says to the Teacher. Washington, D.C: National Education Association.

Slavin, Robert E. (2010) Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Slavin, Robert E., dkk. eds (2013)Learning to Cooperate, Cooperating to Learn.

New York: Springer Science+Business Media, LLC

Success for All Foundation (2008) Cooperative Learning. Baltimore: Success for All Foundation.

Success for All Foundation (2010) PowerTeaching Cooperative Learning Handbook. Baltimore: Success for All Foundation.

Supriana, Nana,dkk. (2010) Pendidikan IPS. Bandung: UPI Press.

Suprijono, Agus (2015) Cooperative Learning Teoridan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suratno (2014) Keefektifan Pembelajaran Tipe TPS dan JIGSAW Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika dan Karakter Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 – Nomor 1, Juni, (70-78)

Suyanto dan Asep Jihad (2013) Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga

Tint, San Sandan EiEi Nyunt, (2015) “Collaborative Learning With Think -Pair -Share Technique” dalam Computer Applications: An International Journal (CAIJ), Vol.2, No.1.

Vallori, Antoni Ballester, (2014) Meaningful Learning in Practice. Journal of Education and Human development, Vol. 3, No. 4. pp. 199-209,(online),(http://dx.doi.org/10.15640/jehd.v3n4a18) diakses 29 Mei 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ino Budiatman, Arry Patriasurya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.