PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS SAINTIFIK (IBS)

Devi Afriyuni Yonanda, Yuyun Dwi Haryanti, Dede Salim Nahdi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa terhadap materi ajar, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN tonjong I Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka melalui model pembelajaran inquiry berbasis saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti bekerjasama dengan guru kelas IV SDN SDN tonjong I sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN tonjong I, sebanyak 26 siswa terdiri dari 14 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, wawancara, observasi, dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Inquiry Berbasis Saintifik dalam pembelajaran tema selalu berhemat energi dapat meningkatkan kemmpuan berpikir kritis siswa kelas IV IV SDN tonjong I. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus II. Persentase siswa yang tuntas adalah 33%. Pada siklus meningkat menjadi dengan persentase 47,55%. Selanjutnya pada siklus II, meningkat dengan persentase 88,7%. Kesimpulan, penerapan Inquiry Berbasis Saintifik dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN tonjong I.

 

Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Inquiry Berbasis Saintifik Kampus, Siswa Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Hughes, C. (2014). Theory of Knowledge aims, objectives and assessment criteria: An analysis of critical thinking descriptors. Journal of Research in International Education 2014, Vol. 13(1) 30: sagepub.co.uk/journalsPermissions.nav.

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik.Yogyakarta: Diva PRESS.

Shah,C.G. (2010). Critical Thinking.“What it is and why it matters to emerging professionals”.Advanced Materials and Processes, 168(5), 66-66.

White, et all. (2011).“The Useof Tnterupted Case Studies to Enhance Critical Thinking Skills in Biology”. Journal of MicroBiology and Biology education, 10, pg. 25-31.

Winch, C. (2006). Education, autonomy and critical thinking. London: Rouledge. Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta :Kencana

Yonanda, Devi Afriyuni dan Haryanti, YD. (2018). Model Inquiry Berbasis Saintifik (IBS). Cirebon : CV Confident


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal has been Indexed by:

                    

  

Creative Commons License
Cakrawala Pendas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2015. All Rights Reserved.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Majalengka - (UNMA)