PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR

Yuyu Yuliati, Intan Lestari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri Karamat 1 dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving (CPS). Metode Penelitian yang digunakan peneliti  adalah penelitian tindakan kelas yang bekerjasama dengan guru kelas V SD Negeri Karamat 1, dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 20 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 tindakan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Karamat 1. Hal tersebut di buktikan dengan data hasil pembelajaran. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 65,08 jika dilihat dari ketuntasan belajar siswa 8 siswa (40%) yang telah mencapai nilai KKM, sedangkan 12 siswa (60%) masih dibawah KKM. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 66,50 dilihat dari 11 siswa (55%) telah mencapai nilai KKM, sedangkan 9 siswa (45%) masih dibawah KKM. Pada siklus III dengan nilai rata-rata mencapai 80,0 dilihat dari 17 siswa (85%) telah mencapai nilai KKM, sedangkan 3 siswa (15%) masih dibawah KKM, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Karamat 1. 

 

Kata Kunci : creative problem solving (CPS), hasil belajar, pembelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


Busyari, A. & Sinaga, P. (2015). Strategi pembelajaran creative problem solving (CPS) berbasis eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kreatif. Jurnal pengajaran MIPA. 20(2), hlm 133-143.

Ciptaningtyas, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Bilangan di SMP Kelas VII. Jurnal ilmiah pendidikan matematika. 5(1), hlm 1-5.

Eriyanti, E. & Suryanti. (2018). Pengaruh model creative problem solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA Kelas IV SDN Kemuning Tarik Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6(9), hlm. 1548-1557.

Hamdu, G & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan. 12(1), hlm 81-86.

Hikmah, D., & M. Natsir. (2009). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Siswa Kelas VIII-E SMP N 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep. JSP. 10, hlm1-9.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Oktaviani&Nugroho. (2015). Penerapan model model pembelajaran creative problem solving (CPS) pada pembelajaran kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi. Unnes Physics Education Journal. 4(1), hlm 27-31.

Prastiwi, M. (2018). Kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VII SMP. E-jurnal-pensa. 6(2), hlm 98-103.

Subakir, B. (2013). Peningkatan Belajar Kreatif dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Creative Problem Solving (CPS). Jurnal pendidikan fisika. 2(2), hlm 49-56.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Triyono, dkk. (2017). Pengaruh pembelajaran ipa berbasis creative problem solving terhadap kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan. 1(2), hlm 214-226.

Uno, Hamzah, B. dan Nurdin, M. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding seminar nasional pendidikan dasar. Vol 2, hlm 124-129


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal has been Indexed by:

                    

  

Creative Commons License
Cakrawala Pendas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2015. All Rights Reserved.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Majalengka - (UNMA)