PENERAPAN MODEL MULTILITERASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Sigit Vebrianto Susilo, Tia Ramdiati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan menulis karangan persuasi siswa yang masih rendah pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis persuasi siswa di kelas IV SDN Jatiserang II melalui penerapan model pembelajaran multiliterasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bekerjasama dengan guru kelas IV SDN Jatiserang II, dan jumlah siswa sebanyak 28 terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 18 siswi perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tiga tindakan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes tertulis berupa uraian esai dan lembar observasi serta dokumentasi data yang diperoleh berupa hasil tes tertulis sebagai data primer dan hasil observasi serta dokumentasi sebagai data pendukung. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila rata-rata kelas meningkat dari pratindakan, siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis karangan persuasi siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada akhir siklus I nilai rata-rata 63,19 dengan ketuntasan individu 9 siswa  (32%). Pada akhir siklus II nilai rata-rata 72,81 dengan ketuntasan individu 16 siswa (57%). Selanjutnya, pada akhir siklus III nilai rata-rata 82,60 dengan ketuntasan individu 26 siswa (93%). Selain itu dari data observasi diperoleh sebelum diberikan tindakan  siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, sebab pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Setelah diberikan tindakan siswa terlihat aktif baik pada saat kegiatan tanya jawab maupun pada saat kegiatan publikasi hasil karya menulis. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model multiliterasi dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Kata Kunci : Model Multiliterasi, Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2015) Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban Atas

Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 Dalam Konteks KeIndonesiaan. Bandung: Rafika Aditama.

Abidin, Y. (2010). Strategi membaca teori dan pembelajarannya. Bandung: RIZQI PRESS.

Arianti, D. (2015). Pendidikan Adalah Kunci Penting Berliterasi. Bandung. UPI press.

Griffin, P, et al (Eds.). (2012). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. London: Springer.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Morocco, C.C., et al. (2008). Supported Literacy for Adolescents: Transforming Teaching and Content Learning for The Twenty-First Century. San Francisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint.

OECD. (2014). PISA 2012 Result in focus: What 15-years-olds Know and What They Can Do With What They Know.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada media Group.

Susilo, S.V. & Garnisya, G. R. (2018) ‘Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar’, 4(2). Available at: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/1128.

Susilo, S. V. (2018) ‘Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Upaya Upaya Mengembalikan Jati Diri Pendidikan Indonesia’, Cakrawala Pendas, 4(1), pp. 33–41. Available at: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/710.

Waluyo, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Wiriaatmadja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal has been Indexed by:

                    

  

Creative Commons License
Cakrawala Pendas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2015. All Rights Reserved.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Majalengka - (UNMA)