PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD KELAS V DENGAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Dede Salim Nahdi, Ujiati Cahyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis scientific approach yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah bagi siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan  pengembangan yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek uji coba siswa kelas V SDN Panyingkiran Majalengka. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran matematika yang meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasilnya menunjukkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan layak menurut ahli kurikulum, ahli materi dan ahli media dengan kategori penilaian sangat baik. Berdasarkan penilaian guru, perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dengan kualitas sangat baik. Adapun siswa menilai perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dengan kualitas baik.Perangkat pembelajaran dinilai efektif karena hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika menunjukkan ketuntasan siswa melebihi 80%.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Pendekatan saintifik, kemampuan pemecahan masalah.

Full Text:

PDF

References


Abidin, H. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurkulum 2013. Refika Aditama: Bandung.

Baringer, M.D., et al. (2010) Schools for All Kinds of Minds: Boosting Student Succes by embaracing Learning Variaton. Alexandria:ASCD.

Chambers, P. (2008). Teaching mathematics: Developing as a reflective secondary teacher. Sage Publication Inc: London.

Cho. et al. (2015). Authentic Problem Solving and learning in the 21st Century. Springer Science: Singapore.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media: Yogyakarta.

Djamarah, S. B. & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rieneka Cipta: Jakarta.

Gregson, K. (2007). Understanding Mathematics. UK: Nottingham University Press.

Haylock, D. & Thangata, F. (2007). Key Concept In Teaching Primary Mathematics. Sage: London, UK.

Darmodjo, H. dan Kaligis, J.R.E..(1992). Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kusnandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Lee, C. D. (2014). Worksheet Usage, Reading Achievement, Classes' Lack Of Readiness, and Scence Achievement: A Cross Country Comparison. International Journal Of Education In Mathematics, Science And Technology. Vol. 2 No. 2. Hal 96-106.

Majid, A. (2006). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Muijis, D. & Reynolds. (2005). Effective teaching evidence and practice (2end edition). Sage Publication. London, UK.

Mulyasa. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Rosdakarya.

Muruganatham, G. (2016). Developing of E-content package by using ADDIE model. International Journal of Applied Research. Vol 1. No 3. Hal 52-54.

Nazarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep, Karakteristik, dan Metodologi Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Teras.

Nitko, A. J. & Brookhart, S. M. (2011). Educational Assesment of Student. Pearson Education, Inc: Boston, MA.

Polya, G. (2004). How To Solve It: A New Aspect Of Mathematical Methode. Princeton University press.

Simanungkalit, R. H. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 12 Pematangsiantar. Journal of Mathematics Education, Science and Technology. Vol. 1 No. 1, Juli 2016. Hal 39-56.

Sriraman, B., & English, L. (2010). Theories of Mathematics Education. Spinger: Verlag Berlin Heidelberg.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Suhadi. (2007). Petunjuk Perangkat Pembelajaran. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Suhartini & Rusgianto, H. S. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika siswa SMK jurusan Akuntansi di Sleman dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol 1 No 1. Hal 69-76.

Suherman, E., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA UPI: Bandung.

Trianto. (2009). Medesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana.

Wilis, J. (2010). Learning to love math: teaching strategies that change student attitudes and get results. ASCD: Alexandria Virginia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal has been Indexed by:

                    

  

Creative Commons License
Cakrawala Pendas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2015. All Rights Reserved.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Majalengka - (UNMA)