Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Indera Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI IA 1 SMA Negeri 1 Maja)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi konsep Sistem Indera melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction di kelas XI IA 1 SMA Negeri Maja. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Tanggart dengan menggunakan dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IA 1 SMA Negeri 1 Maja. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan tindakan kelas dan data peningkatan hasil belajar Biologi, lembar observasi, dan wawancara siswa kelas XI IA 1 SMA Negeri 1 Maja, yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Explicit Instructionpada konsep Sistem Indera terdapat peningkatan hasil belajar dari tiap siklusnya peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari meningkatnya nilai posttest terhadap nilai pretest yang dilaksanakan dari 2 siklus. Pada siklus I rata-rata pretest sebesar 60 dan posttest sebesar 80,61 sedangkan siklus II rata-ratapretest sebesar 70,30 dan posttest sebesar 90. Terbukti bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I terhadap siklus II, peningkatannya sebesar 9,39 %.
Kata kunci: Explicit Instruction, Sistem Indera, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Campbell, Reece, Urry, Cain, Wasserman, Minorsky, & Jackson. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 2. Jakarta: PT. Erlangga.
Gopur, Abdul. (2017). Model Pembelajaran Explicit Instruction. Tersedia : [online] http://abdulgopuroke.blogspot.com/2017/03/model-pembelajaran-explicit-instruction.html
Hernawan, Edi. (2009). Pengantar Statistik Untuk Pendidikan. Tasikmalaya: Tidak dipublikasikan.
Ma’mur, Asmani Jamal. (2011). 7 Aplikasi Pakem. Yogyakarta: Diva Press.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suroto. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Dengan Trainer PLC Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Merakit Sistem PLC. Tersedia: [online]. https://media.neliti.com/media/publications/163814-ID-penggunaan-model-pembelajaran-explicit-i.pdf
Muhibbin, Syah. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan baru (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yamin, Martinis. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: PT. Gaung Persada Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v3i1.856
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418, Jawa Barat, IndonesiaTelp/WA : 0813 2016 1985email : bioeducatio.unma@gmail.com
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.