Urgensi Strategi Membaca pada Pembelajaran Biologi Masa Depan

vitta yaumul hikmawati

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memaparkan pentingnya strategi membaca dalam pembelajaran Biologi masa depan yang didasarkan pada pola atau kecenderungan pembelajaran Biologi saat ini. Perkembangan pembelajaran Biologi tidak terlepas dari kemajuan ilmu dan teknologi. Derasnya arus keterbukaan teknologi dan informasi secara signifikan memberi implikasi nyata pada proses penyelenggaraan pembelajaran khususnya pembelajaran Biologi. Sebagai bagian dari sains, Biologi memiliki karakteristik unik yang tidak dimiliki oleh disiplin ilmu lainnya. Keunikan Biologi salah satunya ditinjau dari cara berpikir dan karakteristik materi. Keunikan-keunikan yang dimiliki Biologi sebagai sebuah disipin ilmu merupakan tantangan sekaligus potensi besar bagi perkembangan biologi itu sendiri. Kecenderungan yang terjadi pada pembelajaran Biologi masa depan menuntut hubungan sinergis antara praktisi pendidikan dan Biologiwan dalam memutakhirkan dan menjaga keakuratan informasi yang disajikan.

 

Kata kunci : Strategi membaca, pembelajaran biologi


Full Text:

PDF PDF

References


Aredns, Richard, I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Barnett, M. (1989). “Teaching Reading Strategies: How Methodology Affects Course Articulation.†Foreign Language Annals, 21, 109-21.

Best, RM., Rowe, M.,Ozuru, Y., McNamara, D.S. (2005). “Deep-Level Comprehension of Science Texts The Role of the Reader and the Textâ€. Top Lang Disorders Vol. 25, No. 1, pp. 65-83

Cromley & Snyder. (2007). Testing the Fit of the DIME Model of Reading Comprehension with Biology Text. [Online] Tersedia: http://hub.mspnet.org/media/data/Cromley_AERA2008.pdf?media_000000005615.pdf

Halpern, D. F. (2003). Thought and knowledge: An introduction to critical thinking (4rd Ed.). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publisher

Labov, Jay B., Reid, Ann H. Keith R. Yammamoto. (2010). Integrated Biology and Undergraduate Science Education : A New Biology Education for Twenty-First Century?. Life Science Education Vol.9,10-16.

Miller, Kenneth R. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2830155/pdf/cbe10.pdf

Nisbitt, John. & Aburdene, Patricia. (1990). Megatrends 2000. Jakarta : Binarupa Aksara.

OECD-PISA. (2004). Learning for Tomorrow’s World. USA : OECD-PISA.

Prastiti, TD. (2006). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran RME dan Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Matematika Siswa SMP Kelas VII. [Online] Tersedia: http://utsurabaya.files.wordpress.com/2010/08/tridyah1-pembelajaran-matematika-rme.pdf

Rustaman, N.Y. (2011). Pendidikan dan Penelitian Sains dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Pembangunan Karakter. Makalah Seminar Nasional VIII P.Biologi FKIP UNS, Surakarta.

Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Siregar, Eveline. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Taufik, L.M. & Hikmawati, V.Y. (2017). Gagasan Pembelajaran Sains Masa Depan.

Rustman, N.Y. (2000). Arah Pendidikan Biologi Pra-Universitas di Indonesia. Makalah disajikan pada simposium Biologi dalam Seminar Nasional Biologi XVI dan Kongres Nasional Perhimpunan Biologi Indonesia XU. Bandung : ITB.

Hikmawati, Vitta Yaumul. (2014). Efektivitas SQ5R terhadap Pengetahuan Konseptual dan Retensi Siswa SMA pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pengajaran MIPA. Universitas Pendidikan Indonesia.Vol.19 Nomor 2, Oktober 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v2i2.758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â