Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Pencemaran Lingkungan

Muhammad Kurnia Sugandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan penerapan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep Pencernaan Lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan menggunakan penelitian deskriptif analisis dengan jenis kuantitatif. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttes design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik  kelas MA Raudlatutta’allum Tasikmalaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple jenuh yaitu penentuan sampel anggota populasi dijadikan sampel yang diambil adalah 35 orang. Hasil penelitian menunjukan Hasil analisis thitung = -24,76 dan ttabel = 2,04. diperoleh nilai 2p (0,0455) <  α (0,05), kesimpulan analisis menunjukan tolak Ho. artinya median hasil posttest tidak sama dengan median yang telah ditentukan. Dengan demikian model pembelajaran Group Investigation cocok diterapkan pada proses pembelajaran konsep Pencemaran Lingkungan di kelas X MA Raudlatutta’allum Kota Tasikmalaya.

 

Kata kunci : Group Investigation, Pencemaran Lingkungan

 

 

 


Full Text:

PDF

References


AM, Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Campbell, Reece, Urry, Cain, Wasserman, Minorsky, & Jackson. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 2. Jakarta: PT. Erlangga.

Hernawan, Edi. (2009). Pengantar Statistik Untuk Pendidikan. Tasikmalaya: Tidak dipublikasikan.

Ma’mur, Asmani Jamal. (2011). 7 Aplikasi Pakem. Yogyakarta: Diva Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhfida (2010). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share. Tersedia: [Online] http//muhfida.com//model-pembelajaran-kooperatif-tipe-think-pair-share.

Muhibbin, Syah. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan baru (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: PT. Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v2i2.757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â