Penggunaan Model Pembelajaran Learning Sequence/Levels of Inquiry Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa pada Konsep Fotosintesis di Kelas VII SMP Negeri 2 Panyingkiran Kab. Majalengka

Toto Warnoto, Anna Fitri Hindriana, Asep Ginanjar Arip

Abstract


Penelitian ini bertujuan sebagai berikut, Pertama untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Levels of Inquiry terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) dan penguasaan konsep siswa pada topik fotosintesis di kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji tindependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa yang menerapkan model pembelajaran Lefels of Inquiry lebih tinggi daripada siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D.T., Muhardjito, Sutarman. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Levels of Inquiry terhadap Keterampilan Proses Sains Terpadu dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 2 Probolinggo. Jurnal Repository Universitas Negeri Malang.

Badruzzaman, D.R., dkk. 2019. Upaya Meningkatkan Penguasaan konsep Gerak Lurus Melalui Penerapan Model Pembelajaran Level of Inquiry pada Siswa Kelas X IPA 2 di SMA Negeri 2 Bandung. Jurnal ISSN: 2338-1027 2019 Vol.4 No.2: 187-193

Dahar, R. 1996. Teori-Teori Belajar. Bandung: Erlangga

Hardianti dan Kuswanto. 2017. Difference among levels of Inquiry: Process Skills Improvement at Senior High School in Indonesia, International Journal of Instruction, 10(2): 120-130

Nurjanah, A., dkk. 2019. Penerapan Model Level of Inquiry untuk meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Tata Surya SMP. Jurnal of Science Education and Practice Vol.3 No.1

Kemendikbudristek. 2022. Permendikbudristek No. 16 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kertiasih, L.E. 2018. Implementasi Pembelajaran Berbasis Inkuiri Wenning Berbantuan e-UKBM untuk Meningkatkan Keterampilan Ilmiah Peserta Didik. Journal of Education Action Research, Vol.2, No.4, pp.363-369

Latief, R. 2022. Penerapan Model Inquiry Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar pada Materi Fotosintesis Praktikum Cakram Daun (Flooting Disk) Siswa Kelas XII IPA 1 MAN Insan Cendikia Kota Palu. Jurnal Biology Teaching and Learning, Volume 5, Nomor 1, p-ISSN 2621-5527.

Matondang, Zulkifli. 2012. Uji Korelasi dan Regresi dengan SPSS. [Online]. Tersedia: https://fahost1994.googlecode.files. Diakses pada tanggal 16 Mei 2022.

Siregar, C.A. 2015. Penggunaan Inquiry Lab dalam Pembelaajran IPA Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal ISBN: 978-602-19655-9-7.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Wenning, Carl.J. 2005. Levels of Inquiry: Hierarchies of Pedagogical Practice and Inquiry Processes. [Online]. Journal Physics Teacher Education, 2(3), 3-12.Tersedia:https://www2.phy.ilstu.edu/pte/publications/levels_of_inquiry.pdf. Diakses Tanggal 10 Juni 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v8i1.4733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â