Kelayakan dan Keterbacaan “Bloodtytury†pada Materi Sistem Peredaran Darah SMA Kelas XI

Arnopen Kristina, Noorhidayati Noorhidayati, Aminuddin Prahatama Putra

Abstract


Pembelajaran abad 21 menuntut  pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan belajar. Guru diharuskan memiliki kecakapan dalam mengembangkan dan mempraktekkan kombinasi antara sumber belajar dan teknologi digital yang dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi siswa yang dilengkapi kemampuan berpikir kritis. Bloodtytury (blood typing virtual laboratory) merupakan laboratorium virtual untuk produk penentuan uji golongan darah sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah  atau kendala dalam pelaksanaan praktikum pembelajaran materi atau subkonsep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan keterbacaan terhadap hasil pengembangan “Bloodtytury†pada materi sistem peredaran darah SMA kelas XI. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan menggunakan model 4-D (Thiagarajan et al., 1974) yang dibatasi sampai tahap pengembangan (develop). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kelayakan dan keterbacaan. Subjek penelitian adalah 3 orang ahli materi (2 orang dosen Pendidikan Biologi FKIP ULM dan 1 orang guru Biologi SMAN 12 Banjarmasin) dan 1 orang ahli media (guru TIK SMAS PGRI 2 Banjarmasin) serta 12 orang peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 12 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Bloodtytury†pada materi sistem peredaran darah SMA kelas XI sangat layak oleh ahli materi (4,48), layak oleh ahli media (4,00) dan keterbacaan sangat baik (4,56). Hal ini berarti secara teknis “Bloodtytury†sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dalam praktikum materi sistem peredaran darah dan sangat mudah untuk dibaca oleh peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Adita, A., & Julianto, T. (2016). Penyusunan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(2), 69-73. Diakses dari https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/339/170

Azizah, S., Khuzaemah, E., & Lesmanawati, I. R. (2017). Penggunaan Media Internet Exe-Learning Berbasis Masalah Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 197–213.

Fakhriyannur. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Animasi 2 Dimensi Berbasis Adobe Flash untuk Siswa Kelas XI Multimedia di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/46423/

Hanif, Ibrohim, & Rohman, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Plantae Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Nilai Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2163—2171-2171.

Hartini, H., Narulita, E., & Iqbal, M. (2019). Pengembangan virtual laboratory pada topik kultur jaringan tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 1-16.

Isnaini, E. (2014). Pengembangan Sumber Belajar IPS Bentuk Majalah Dengan Materi Interaksi Manusia Dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/18586/

Jauharati., Hardiansyah., & Bunda, Halang. (2022). Pengembangan Handout Berbasis Flip HTML 5 Pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Siswa Kelas XI SMA. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3). Diakses dari https://jurnal.jomparnd.com/index.php

Kurniawan, F. H., Istiningrum, R., & Nuha, S. A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berorientasi Kecakapan Hidup pada Materi Sistem Indera Manusia Untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(4), 338-341. DOI:10.17977/um031v2i22016p338

Lepiyanto, A. & Pratiwi, D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Matakuliah Biologi Umum. Bioedukasi, Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, 6(1), 22-29.

Makdis, N. (2020). Penggunaan E-booklet pada Era Digital. Al-Maktabah, 19(1), 77-84. Diakses melalui https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/almaktabah/article/download/18416/8035

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187.

Nainggolan, Laurenni. (2014). Pengembangan Media Praktikum Berbasis Laboratorium Virtual (Virtual Laboratory) pada Materi Pembelahan Sel di SMA. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. Diakses dari http://103.26.102.47/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A1C409007.pdf

Poerwanti, J. I. S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Microsoft Power Point Pada Guru-Guru Sekolah Dasar. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 265–271.

Purwanto, M. N. (2020). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, Ryna. (2018). Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34). Diakses dari https://scholar.archive.org

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Resiani, Ni Kadek, Anak Agung Gede Agung, & I Nyoman Jampel. (2015). Pengembangan Game Edukasi Interaktif pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Semester Genap di SMPN 7 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. E-journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1-10.

Rochma, Verlita., & Ibrahim, Muslimin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 pada Materi Bakteri untuk Siswa Kelas X SMA. Bioedu : Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2). Diakses dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Saftina, I., Muttaqien, M., & Hadiansah, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Studi Kasus Terintegrasi Nilai Islam. Bioeduca : Journal of Biology Education, 3(2), 135-145. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i2.6632

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, W. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144-156.

Suryaningsih, Yeni. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49-57.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. In Journal of School Psychology. National Center for Improvement Educational System.

Ulfah, A. & Jumaiyah. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Kabupaten Lamongan. Jurnal Inovasi Pendidikan. 2(1), 75-81.

Utami, R. P., Noorhidayati, N., & Ajizah, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Sub Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Di SMA/MA Berbentuk E-Booklet. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 241-252.

Utariyanti, I. F. Z., Sri. W., & Siti., Z. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik dalam Materi Sistem Pernapasan pada Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3), 345-355.

Wahyuni, T. (2017). Pengaruh Praktikum Virtual Terhadap Hasil Belajar Biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Bandar Lampung [Skripsi, IAIN Raden Intan Lampung]. Diakses dari http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/401

Widoyoko, E.P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v8i1.4647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â