Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Praktikum Sistem Reproduksi Tumbuhan Berbasis Ketrampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP

Abdul Aziz Muslim, Zaenal Abidin, Sofyan Hasanuddin Nur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas LKPD dan mengetahui tingkat kelayakan LKPD yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D mengikuti Thiagarajan. Penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap: define, design, dan develop, desiminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi yang diisi oleh pakar pengajar dan praktisi sains. Jenis instrumen yang diperlukan untuk mengukur keefektifan LKPD yang dikembangkan adalah angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis validitas. Analisis data instrumen nontes dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan menggunakan Skala Likert. Hasil validasi kedua validator diperoleh 91,105% dalam kategori sangat valid. Hasil validasi pada aspek kelayakan isi, aspek penyajian, aspek kebahasaan masing-masing diperoleh persentase rata-rata sebesar 94,215%, 95,832%, 79,165% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis effect size menggunakan uji t LKPD sebesar 0,793 dengan kriteria sedang. LKPD dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran IPA sekolah dengan beberapa revisi.


Full Text:

PDF

References


Agustina, Livina et al, (2021). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan kreatifitas siswa,†.

Atsma, Siti Nur et al, (2022). “Pengembangan Lembar Siswa Berorientasi Ilmu Pengetahuan untuk SMP Sekolah dengan Topik Gelombang dan Bencanaâ€

Basyith, Abdul et al, (2019). “Pengembangan LKS Keterampilan Berpikir Kreatif Siswaâ€.

Hindriana, Anna Fitri, (2020). â€The Development of Biology Practicum Learning based on Vee Diagram for Reducing Student Cognitive Load,â€. Journal of Education, Teaching and Learning. Journal of Education, Teaching and Learning-No. 2 Vol. 1, pp 61-65, 2016, e-ISSN: 2477-4878 61, https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2331

Husna, Emi Fitriya, (2020). “Mengembangkan LKS berbasis STEM untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa dan Motivasi Belajarâ€.

Subhan N & Oktolita N, (2022). “Berbasis Ketrampilan Proses pada Kurikulum 2013 di SD Kelas IV,V,VI,â€

Nugraheni, Diah, (2018). “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Inquiry Materi Pengukuran untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa,â€

Prastowo A, (2012). “Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo A, (2015). “Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.†Yogyakarta: Diva Press,

Winardita Putri Adina & Ngabekti Sri, (2022). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) Perubahan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Siswa,â€




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v8i1.4492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â