ANALISIS KEPRAKTISAN ISI BOOKLET TENTANG KEANEKARAGAMAN JENIS POHON DI KAWASAN MANGROVE DESA BERINGIN KENCANA SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SMA

Sri Amintarti, Riya Irianti, Nurhidayatul Janah Janah

Abstract


Kajian obyek makhluk hidup dapat diimplementasikan menjadi bahan ajar atau media pembelajaran. Sumber belajar efektif dapat berasal dari lingkungan belajar yang berpusat pada peserta didik karena erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Biologi merupakan mata pelajaran yang mempelajari berbagai makhluk hidup termasuk diantaranya yaitu beranekaragam tumbuhan. Kalimantan Selatan merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki keanekragaman hayati tumbuhan melimpah. Kajian tumbuhan tersebut dapat di jadikan sebagai sumber belajar yang dimuat dalam bahan ajar berupa booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kepraktisan booklet tentang keanekaragaman jenis pohon di kawasan mangrove desa beringin kencana sebagai bahan pengayaan materi keanekaragaman hayati SMA. Subyek Uji Kepraktisan terdiri atas 12 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa booklet tentang keanekaragaman jenis pohon di kawasan mangrove desa beringin kencana sebagai bahan pengayaan materi keanekaragaman hayati SMA. yang dikembangkan memperoleh skor sebesar 78.81% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk suku saku untuk pembelajran IPA terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Bly, R. (2009). Money making writing job. Soucebooks, Inc.

Borg, W., & Gall, M. (1998). Educational research: an introduction. fifth edition. Longman.

Daryanto. (2013). Inovasi pembelajaran efektif. Yrma Widya.

Hilmi, H. (2016). Efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa arab. Lantanida Journal, 4(2), 128. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1885

Himala, S. P. T., Ibrahim, M., & Fitrihidajati, H. (2016). Keterbacaan teks buku ajar berbasis aktivitas pada materi ruang lingkup biologi kelas X SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3), 445–448.

Kusmana, C. (2011). Management of mangrove ecosystem in Indonesia. Journal of Natural Resources and Environmental Management, 1(2), 152–157. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jpsl/article/view/10832/8355

Mashar, A., & Caromalela, B. A. P. (2020). Analisis tingkat keterbacaan buku tematik siswa kelas rendah madrasah ibtidaiyah tahun ajaran 2017-2018. El Bidayah Jounel of Islamic Elementary Education, 1(2), 49–61.

Nirarita, C. ., Wibowo, P., & Padmawinata, D. (1996). Ekosistem lahan basah indonesia. Kerja sama antara Wetland International-Indonesia Program, Ditjen PHPA, Canada Fund, Pusat Pengembangan Penataran Guru IPA dan British Petrolium.

Peraturan Menteri PUPR. (2015). Peraturan menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat republik indonesia nomor 04/PRT/M/2015 tentang kriteria dan penetapan wilayah sungai. In Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (pp. 1–8).

Pratiwi, D., Suratno, & Pujiastuti. (2014). Pengembangan bahan ajar biologi berbasis pendekatan SAVI ( Somatic , Auditory , Visual , Intellectual ) pada pokok bahasan sistem pernapasan kelas XI SMA dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa development of teaching materials of biology base. Jurnal Edukasi UNEJ, 1(2), 5–9. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1392

Rusdianti, K., & Sunito, S. (2012). Konversi lahan hutan mangrove serta upaya penduduk lokal dalam merehabilitasi ekosistem mangrove. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.22500/sodality.v6i1.5815

Satmoko, S., & Astuti, H. T. (2006). Pengaruh bahasa booklet pada peningkatan pengetahuan peternak sapi perah tentang inseminasi buatan di kelurahan Nongkosawit, kecamatan Gunungpati, kota Semarang. Jurnal Penyuluhan, 2(2), 78–82. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v2i2.2184

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian dan pengembangan. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v7i2.4424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â