Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Pada Konsep Ekosistem Dengan Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Audio Visual Di Kelas VII SMP IT Hafifudin Arrohimah

Muhammad Kurnia Sugandi

Abstract


Latar belakang permasalahan pada penelitian ini adalah pembelajaran di sekolah khususnya pembelajaran IPA terlalu memacu terhadap otak anak untuk menghapal berbagai macam materi pelajaran. Salah satu kesulitan dalam belajar IPA yaitu peserta didik dituntut untuk bisa menghapal terhadap nama-nama ilmiah beserta rumus-rumus perhitungan dan proses kegiatan belajarnya pun selalu dilaksanakan di dalam ruangan kelas saja, sistem pembelajaran yang seperti ini tidak akan bisa meningkatkan kemampuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa pada konsep ekosistem dengan pembelajaran Guided Inquiry di kelas VII SMP IT Hafifudin Arrohimah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Pre-experimental design dengan menggunakan penelitian deskriptif analisis dengan jenis kuantitatif. Hal ini dapat terjadi, karena tidak adanya variable kontrol, dan sampel tidak dipilih secara random. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP IT Hafifudin Arrohimah. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple jenuh yaitu penentuan sampel anggota populasi dijadikan sampel yang diambil adalah 35 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Guided Inquiry dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa sebesar 23,3 %  adapun sisanya sebesar 76,7 % dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan bahwa pembelajaran Guided Inquiry pada konsep ekosistem dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah kelas VII SMP IT Hafifudin Arrohimah.

 

Kata kunci : Guided Inquiry, ICT, Kemampuan Memecahkan Masalah, Ekosistem


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v1i1.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â