PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS PENELITIAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XI SMK AGRIBISNIS DAN AGROTEKNOLOGI
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Boeker, M., Andel, P., Vach, W., & Frankenschmidt, A. (2013). Game-Based E-Learning Is More Effective than a Conventional Instructional Method : A Randomized Controlled Trial with Third-Year Medical Students, 8(12), 1–11.
Cherkin., D.C., Deyo, R.A., Battie, M., Street, J., & Barlow, W. (2014). A Comparison Of Physical Therapy, Chiropractic Manipulation, And Provision Of An Educational Booklet For The Treatment Of Patients With Low Back Pain. England Journal of Medicine, 339(15), 1021-1029.
Citrawathi DM, Putu BA, dan Siti M. 2009. Analisis kebutuhan dalam pengembangan buklet edukatif tematik (bet) untuk pendidikan kesehatan sd. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 42(3) : 187-195.
Dewi, T. 2021. Status Logam Berat di Lahan Bawang Merah Kabupaten Brebes dan Alternatif Pengelolaannya yang Ramah Lingkungan, Disertasi. Sekolah Pascasarajana. UGM. Yogyakarta.
Evawani T, Rahayu, E.S, Retnoningsih, A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajran Bermakna Menggunakan Lembar Kerja Siswa Divergen Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Journal of Educational Research and Evaluation. Volume 2, No.1. ISSN 2252 – 6420.
Gloria, R.Y., Sudarmin, Wiyanto, & Indriyanti, D.R. (2017). The Analysis Of Costa And Kallick's Habits Of Mind On The Students Of Prospective Biology Teachers. USEJ, 6(2), 1617-1624.
Jumairi, J. (2016). Pemanfaatan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 5 Tenggarong. Jurnal Cemerlang, 3(1), 9-18.
Khotimah, C. & Indrayati, A. (2016). Penggunaan Media Buklet pada Pembelajaran Pengelolaan Sumberdaya Air Berbasis Kearifan Lokal pada Kalangan Remaja Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Edu Geography, 4(2), 22-27. Majid. 2009. Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetenesi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mayer RE. 2009. Multimedia Learning. Indrojarwo, Baroto. Tavip (Ed). Multimedia Learning Prinsip- Prinsip Dan Aplikasi. Surabaya: ITS Press.
Nur, F. 2012. Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran sains kelas v sd pada pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(1): 67-78.
Nurseto T. 2011. Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 1(4): 19- 35.
Ogren, M., Nystrom, M., & Jarodzka, H. (2017). There‟s more to the multimedia effect than meets the eye: is seeing pictures believing?. Instr Sci, 45, 263–287.
Purnomo, D., Indrowati, M., & Karyanto, P. (2013). Pengaruh Penggunaan Modul Hasil Penelitian Pencemaran di Sungai Pape Surakarta Sebagai Sumber Belajar Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 59-69.
Puspita, A., Kurniawan, A.D, Rahayu, A.M.. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imuam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Pomtianak. Jurnal Bioeducation. Vol. 4 No 1. Hal 64-73
Segarti, A., Melati, H.S., & Rasmawan, R. (2016). Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Man Melalui Pembelajaran TPS Dilengkapi Booklet Materi Reduksi-Oksidasi. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN Pontianak, 1-11.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi. (2015). Pemanfaatn Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal. 3 (2) :127-139
Suryaman, M. 2006. Dimensi-dimensi Kontekstual di dalam Penulisan Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Su‟udiah, F., Degeng, I.N.S., & Kuswardi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1744-1748.
Zalita, H.R., Hastuti, U.S., & Listyorini, D. (2017). Survei Kebutuhan Masyarakat Pengrajin Olahan Buah di Kabupaten Jombang Tentang Pembuatan Nata dari Jambu Darsono Sebagai Dasar Pengembangan Media Pembelajaran Booklet. Prosiding Seminar Nasional III, 130-132.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v7i1.3823
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418, Jawa Barat, IndonesiaTelp/WA : 0813 2016 1985email : bioeducatio.unma@gmail.com
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.