PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS PENELITIAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XI SMK AGRIBISNIS DAN AGROTEKNOLOGI

Yuyun Sri Nurani, Sofyan H Nur, Zaenal Abidin

Abstract


Bahan ajar yang ada umumnya belum sesuai dengan kebutuhan sekolah, sehingga perlu pengembangan bahan ajar ini terutama yang berbasis penelitian. Penelitian ini mengembangkan bahan ajar bebasi penelitian kompos dan aplikasinya, ditujukan untuk siswa SMK Agribisnis dan Agroteknologi. .Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menyusun booklet pembuatan pupuk kompos sebagai sumber belajar biologi bagi siswa SMK Agribisnis dan Agroteknologi Kelas XI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian  Research  and  Development  (R&D) melalu tahapan  identifikasi  potensi  dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi  produk,  uji  coba  pemakaian,  revisi  produk  dan  menghasilkan  produk  final.  Data yang diambil adalah kebutuhan pengembangan booklet oleh guru, kelayakan booklet yang divalidasi validator, tanggapan siswa mengenai kelayakan booklet dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata 96% unutk validasi ahli dengan kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Respon yang diberikan siswa positif berdasarkan hasil uji coba dengan prosentase rata-rata 89,5%. Rata-rata nilai N gain yaitu 0,62 artinya media yang dikembangkan sudah dapat dikatakan efektif, hal ini diperkuat dari hasil analisis uji t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,00 sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pengunaan booklet bioteknologi terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa booklet dikembangkan berdasarakan hasil angket kebutuhan guru dan observasi awal terhadap siswa, booklet dikembangkan dari hasil penelitian tentang pembuatan pupuk kompos di  Balai Penelitian Lingkungan Pertanian Pati, booklet sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bioteknologi. Oleh karena itu perlu dikembangkan sumber belaar untuk materi yang lain yang menarik perhatian siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Boeker, M., Andel, P., Vach, W., & Frankenschmidt, A. (2013). Game-Based E-Learning Is More Effective than a Conventional Instructional Method : A Randomized Controlled Trial with Third-Year Medical Students, 8(12), 1–11.

Cherkin., D.C., Deyo, R.A., Battie, M., Street, J., & Barlow, W. (2014). A Comparison Of Physical Therapy, Chiropractic Manipulation, And Provision Of An Educational Booklet For The Treatment Of Patients With Low Back Pain. England Journal of Medicine, 339(15), 1021-1029.

Citrawathi DM, Putu BA, dan Siti M. 2009. Analisis kebutuhan dalam pengembangan buklet edukatif tematik (bet) untuk pendidikan kesehatan sd. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 42(3) : 187-195.

Dewi, T. 2021. Status Logam Berat di Lahan Bawang Merah Kabupaten Brebes dan Alternatif Pengelolaannya yang Ramah Lingkungan, Disertasi. Sekolah Pascasarajana. UGM. Yogyakarta.

Evawani T, Rahayu, E.S, Retnoningsih, A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajran Bermakna Menggunakan Lembar Kerja Siswa Divergen Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Journal of Educational Research and Evaluation. Volume 2, No.1. ISSN 2252 – 6420.

Gloria, R.Y., Sudarmin, Wiyanto, & Indriyanti, D.R. (2017). The Analysis Of Costa And Kallick's Habits Of Mind On The Students Of Prospective Biology Teachers. USEJ, 6(2), 1617-1624.

Jumairi, J. (2016). Pemanfaatan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 5 Tenggarong. Jurnal Cemerlang, 3(1), 9-18.

Khotimah, C. & Indrayati, A. (2016). Penggunaan Media Buklet pada Pembelajaran Pengelolaan Sumberdaya Air Berbasis Kearifan Lokal pada Kalangan Remaja Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Edu Geography, 4(2), 22-27. Majid. 2009. Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetenesi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mayer RE. 2009. Multimedia Learning. Indrojarwo, Baroto. Tavip (Ed). Multimedia Learning Prinsip- Prinsip Dan Aplikasi. Surabaya: ITS Press.

Nur, F. 2012. Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran sains kelas v sd pada pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(1): 67-78.

Nurseto T. 2011. Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 1(4): 19- 35.

Ogren, M., Nystrom, M., & Jarodzka, H. (2017). There‟s more to the multimedia effect than meets the eye: is seeing pictures believing?. Instr Sci, 45, 263–287.

Purnomo, D., Indrowati, M., & Karyanto, P. (2013). Pengaruh Penggunaan Modul Hasil Penelitian Pencemaran di Sungai Pape Surakarta Sebagai Sumber Belajar Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 59-69.

Puspita, A., Kurniawan, A.D, Rahayu, A.M.. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imuam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Pomtianak. Jurnal Bioeducation. Vol. 4 No 1. Hal 64-73

Segarti, A., Melati, H.S., & Rasmawan, R. (2016). Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Man Melalui Pembelajaran TPS Dilengkapi Booklet Materi Reduksi-Oksidasi. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN Pontianak, 1-11.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi. (2015). Pemanfaatn Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal. 3 (2) :127-139

Suryaman, M. 2006. Dimensi-dimensi Kontekstual di dalam Penulisan Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Su‟udiah, F., Degeng, I.N.S., & Kuswardi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1744-1748.

Zalita, H.R., Hastuti, U.S., & Listyorini, D. (2017). Survei Kebutuhan Masyarakat Pengrajin Olahan Buah di Kabupaten Jombang Tentang Pembuatan Nata dari Jambu Darsono Sebagai Dasar Pengembangan Media Pembelajaran Booklet. Prosiding Seminar Nasional III, 130-132.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v7i1.3823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â