ANALISIS LITERASI DIGITAL CALON GURU BIOLOGI PADA PERKULIAHAN BIOTEKNOLOGI DI MASA PANDEMI COVID-19

Dede Cahyati Sahrir

Abstract


Pandemi COVID-19 yang meluas ke seluruh penjuru dunia berdampak pada segala aspek, termasuk bidang pendidikan. Oleh karena itu, perkuliahan bioteknologi selama pandemi COVID-19 dilaksanakan secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat literasi digital calon guru biologi pada perkuliaa\han bioteknologi selama pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 120 mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Syekh Nurhjati Cirebon yang mengontrak mata kuliah Bioteknologi. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket literasi digital yang mencakup lima dimensi, yaitu information, communication, content-creation, safety, dan problem-solving. Hasil penelitian menunjukkan literasi digital untuk dimensi information dan communication berada  pada kategori sangat baik, sedangkan untuk tiga dimensi lainnya yaitu safety, content-creator, dan problem solving pada kategori baik. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa literasi digital calon guru biologi pada perkuliahan bioteknologi di masa pandemi berada pada kategori baik.


Full Text:

PDF

References


APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei

Cartelli, A. (2010). Frameworks for Digital Competence Assessment: Proposals, Instruments and Evaluation. Proceedings of the 2010 InSITE Conference, 4(4), 561–574. https://doi.org/10.28945/1274

Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Digital Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105–119. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.

Fadila, R. N., Nadiroh, T. A., Juliana, R., Zulfa, P. Z. H., & Ibrahim, I. (2021). Kemandirian Belajar Secara Daring Sebagai Prediktor Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 880–891. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.457

Ferrari, A. (2013). DIGCOMP : A Framework for Developing and Understanding Digital Competence in Europe . https://doi.org/10.2788/52966

Firman, F., & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Ifadah, E., & Prastiwi, M. S. (2022). Keefektifan Pembelajaran Daring pada Materi Biologi dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa. BioEdu; Berkala Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 228–239.

Kahar, A. P. (2018). Analisis Literasi Digital Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Proyek Video Amatir Berbasis Potensi Lokal Pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Pedagogi Hayati, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.31629/ph.v2i1.330

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). 2069-7124-1-Pb. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66.

MacKenzie, J. S., & Smith, D. W. (2020). COVID-19: A novel zoonotic disease caused by a coronavirus from China: What we know and what we don’t. Microbiology Australia, 41(1), 45–50. https://doi.org/10.1071/MA20013

Martin, A. (2005). DigEuLit – a European Framework for Digital Literacy: a Progress Report. Journal of ELiteracy, 2, 130–136.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Ng, Y. M., & Or, P. L. P. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) prevention: Virtual classroom education for hand hygiene. Nurse Education in Practice, 45, 102782. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102782

Oktavia, R., & Hardinata, A. (2020). Tingkat Literasi Digital Siswa Ditinjau Dari Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi Pada Siswa Mengengah Atas ( SMA ) Kecamatan Kuala Nagan Raya. Bionatural, VII(2), 26–34.

Pranoto, H., & Wibowo, A. (2018). Identifikasi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Piil Pesenggiri Dan Perannya Dalam Dalam Pelayanan Konseling Lintas Budaya. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(2), 36. https://doi.org/10.26737/jbki.v3i2.714

Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1), 9–13.

Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2018). Pengembangan Instrumen Kemampuan Literasi Digital Siswa dalam Penerapan Media Hybrid Learning Berbasis Website Fisika. Peran Pendidik Dan Ilmuwan SAins Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0, 1, 177–186. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf

Sa’adah, S., & Kariadinata, R. (2018). Profil Tecnological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 17–28. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3186

Sa’adah, S., Maryanti, S., Maspupah, M., & Mas’ud, A. (2020). Literasi Digital Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Menyusun Bahan Ajar Berbasis Audio Visual. Artikel Penelitian, 1–11.

Sari, W. K., & Nada, E. I. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Kimia Dalam Pelaksanaan Ppl Berbasis Virtual Di Masa Pandemi Covid-19. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 111–121. https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i2.6704

Shopova, T. (2014). Digital literacy of students and its improvement at the university. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 7(2), 26–32. https://doi.org/10.7160/eriesj.2014.070201

Vuorikari, R., Punie, Y., Carretero, S., & Van Den Brande, L. (2016). DigComp 2.0: The Digital Competence Framework for Citizens. In Jrc-Ipts (Issue June). https://doi.org/10.2791/11517

Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and After Covid-19: Immediate Responses and Long-Term Visions. Postdigital Science and Education, 2(3), 695–699. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00126-3




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v6i2.3299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â