PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MIKROBIOLOGI BERBASIS E-LEARNING UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN ARGUMENTASI CALON GURU IPA

Liska Berlian

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan perangkat pembelajaran mata kuliah Mikrobiologi yang layak digunakan, dimana perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis e-learning untuk membangun keterampilan argumentasi mahasiswa calon guru IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Kelayakan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menguji kevalidan dan keefektifan produk tersebut. Penelitian dilakukan pada 22 mahasiswa semester V di jurusan Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Hasil analisis penelitian menyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid setelah dilakukan uji kevalidan oleh Expert Judgement, serta sangat efektif setelah dilakukan analisis uji keefektifan dengan menggunakan instrumen penilaian keterampilan argumentasi. Maka disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran mata kuliah Mikrobiologi yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Kata kunci : Perangkat, Pembelajaran, E-Learning, Keterampilan, Argumentasi.


Full Text:

PDF

References


Acar, O and Patton, B.R. (2012). Argumentation and Formal Reasoning Skills in an Argumentation based Guided Inquiry Course. Social and Behavioral Science. Vol. 46, pp. 4756-4760.

Anwar, H. (2009). Penilaian Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu. Vol. 2, No. 5.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bulgern, J.A., J.D. Ellis and J.G Marquis. (2014). The Used and Effectiveness of an Argumentation and Evaluation Intervention in Science Classes. J Science Education Technology. Vol. 23, pp. 82-97.

Carin, A., and Sund, B. (1997). Teaching Science Through Discovery. Columbus, Ohio: Merrill Publishing Co.

Demircioglu, T & Ucar, S. (2012). The Effect of Argument-driven Inquiry on preservice science Teacher’s Attitude and Argumentation Skill. Social and Behavioral Science. Vol. 46, pp. 5035-5039.

Erduran, S, Ozdem, Y and Park, J.Y. (2015). Research Trends on Argumentation in Science Education: A Journal Content Analysis From. International Journal of STEM Education. Vol. 2, pp. 5.

Frydenberg, M. E. and D. Andone. (2011). Learning for 21st Century Skills. IEEE’s International Conference on Information Society. pp. 314-318.

Gall, M., Gall, J., and Borg, R. (2007). Educational Research: An Introduction. 8th ed. New York, NY: Pearson Education.

Gray, E. and Nam-Hwa, K. (2014). The Structure of Scientific Arguments by Secondary Science Teachers: Comparison of Experimental and Historical Science Topics. International Jurnal of Science Education. Vol. 36, No. 1, pp. 46-65.

Jin, H., H.yem., S. Wang and X. Wei. (2015). A US-China Interview Study: Biology Students’ Argumentation and Explanation about Energy Consumption Issues. International Journal of Environmental and Science Education. Vol. 10, No. 3, pp. 301-318.

Koenenman, M., Goedhart, M. & Ossevoort, M. (2013). Introducing Preuniversity Students to Primary Scientific Literatur Through Argumentation Analysis. Research Science Education. Vol. 43, pp 2009-2034.

Kulatunga, U., Moog, R. S. and Lewis, J. E. (2013). Argumentation and Participation Patterns in General Chemistry Peer-Led Sessions. Journal of Research in Science Teaching. Vol. 50, No. 10, pp. 1207-1231

Lang, H. R. and Evans, D.N. (2006). Models, Strategies, and Methods for Effective Teaching. USA: Pearson Education Inc.

Macagno, A, and Konstantinidou, A. (2012). What Students’ Arguments Can Tell Us Using Argumentation Schemes in Science Education. International Journal of Science and Mathematic Education. Vol. 27, No. 3.

Nazarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta: Teras

Nieveen, N. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Prasetyo, Z.K, Senam, Wilujeng, I, Anjarsari, P, Wibowo, W.S, Putri, R.A, Katriani, L, Ariyati., D, Wardani, Y.R, Khoirunnisa, O.A, Firdausi, I.R.A. dan Hardina, M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.

Rajabi, M., Ekohariadi dan Buditjahjanto, I.G.P.A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek. Vol. 3, No. 1.

Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sekretariat Negara, Jakarta.

Ridwan, A.S. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Sampson, V and Blanchard, M.R. (2012). Science Teachers and Scientific Argumentation: Trends in Views and Practice. Journal of Research in Science Teaching.

Sugiyono, M. P. K. (2008). Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 124.

Ural, E., and Gençoğlan, D. M. (2020). The Effect of Argumentation-Based Science Teaching Approach on 8th Graders’ Learning in the Subject of Acids-Bases, Their Attitudes towards Science Class and Scientific Process Skills. Interdisciplinary Journal of Environmental and Science Education. Vol. 16, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v6i1.2692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â