OPTIMALISASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI ALTERNATIF DIGITALISASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

Iim Halimatul Mu’minah, Aden Arif Gaffar

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk memberikan manfaat dan informasi mengenai optimalisasi penggunaan Google Classroom sebagai alternatife digitalisasi dalam pembelajaran jarak jauh sebagai solusi dalam melaksanakan proses pembelajaran Daring. Perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan pengaruh yang sangat besar di dunia, bahkan hingga ke setiap aspek kehidupan manusia, salah satu diantaranya adalah bidang Pendidikan. Perkembangan teknologi yang pesat ini memberikan kemudahan bagi para siswa untuk belajar secara mandiri, dengan menggunakan bahan belajar tertulis dan melalui computer/gawai, smartphone dan internet. Selain pesatnya perkembangan teknologi, dalam keadaan saat ini, dunia sedang diuji dengan suatu permasalahan Kesehatan yaitu pandemic covid-19 yang sangat berpengaruh juga pada dunia Pendidikan dan aspek kehidupan. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi pilihan utama karena adanya pandemik ini. Pembelajaran Jarak Jauh adalah pendekatan pembelajaran yang pada pelaksanaannya tidak bertatap muka langsung di kelas. E-Learning yang digunakan dalam kondisi seperti ini adalah salah satunya Google Classroom , karena berbasis internet yang berarti tidak perlu datang ke kelas. Oleh karena itu Google Classroom menjadi pilihan karena dapat menghemat biaya, waktu dan lebih fleksibel. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi Pustaka atau telaah Pustaka. 


Full Text:

PDF

References


Darmayanti, T., Setiani, M.Y., & Oetojo, B.(2007). E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8, 99-113.

Dewi, N., Murtinugraha, R.E., &Arthur , R.(2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program studi S1 PVKB UNJ. Jurnal PenSil, 7(2), 25-34.

Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S.S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 1-7.

El Fauziah, Ula Nisa., Lilis Suryani, Dkk. (2019). Penerapan Google Classroom dalam pembelajaran Bahsa Inggris Kepada Guru-guru Bahasa Inggris SMP Di Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi Vol. 02 No. 02, Juli 2019.

Hapsari, S., Swito Amalia, Dkk. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal WACANA, Vol. 8 No. 2, Hal. 225-233 Desember 2019

Hammi, Zedha.(2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 KUDUS. Skripsi. Tidak dipublikasikan.

Homblerg, B.(1987). The development of dintance education research. The American Journal of

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works and How?. Journal of Education and Social Science, 2 (3), 12-18.

Irwansyah, I.(2018). Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Tinggi Jarak Jauh di Perguruan Tinggi Swasta. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 2(1), 39. https://doi.org/10.36339/jaspt.v2i1.122

Jamalud, D. Ratnasih, T., Gunawa, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru. Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah (KTI). Masa Work From Home (WFH) Covid-19 Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1-10. Retrieved From https://digilib.uinsgd.ac.id/30518/1/pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru Hambatan%2C Solusi Dan Proyeksi.pdf

Keegan, D.(1996). The foundation of Distance Education (3rded) London. Enfland: Croom Helm

Kusuma Ningtyas, D., Virnawati, F., Paramitta, T., & Wayan Simri, I(2008). Analisis Perilaku Pengguna Sistem E-Learning Universitas Gunadarma. Seminar Ilmiah Nasional Komputer Dan Sistem Intelijen Auditorium Universitas Guna Darma, (Kommit), 20-21.

Maharani, Nia.,Ketut Sepdyana Kartini. (2019). Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 2019:3 (3), 167-173.

Mahnun, N.(2018). Optimalisasi Pengelolaan dan Pembelajaran Berbasis Online Pada Lembaga Pendidikan Islam dalam Mewujudkan World Class University. Indonesian Journal Of Islamic Educational Management, 1(1). https://ejournal.uin-suska.ac.id

Munir.(2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta: Bandung

Muslik, Ahmad.(2019). Google Classroom sebagai Alternatif Digitalisasi pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0.Andragogi: Jurnal Teknis Pendidikan dan Keagamaan Vol. 7 No.2 Desember 2019.

Ni’mah, F. I. (2016). Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) pada Homeschooling “Sekolah Dolanâ€. Mnajemen Pendidikan, 25(1), 112-119.

Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning Berbasis Virtual Class dengan Goggle Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46-55.

Ningrum, Anita. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Google Classroom Era pandemic Covid-19 Materi Tata Surya pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Salatiga Tahun pelajaran 2019/2020. Skripsi. Tidak dipublikasikan.

Noesgaard, S. S., & êŠrngreen, R. (2015). The effectiveness of e-learning: An explorative and integrative review of definitions, methodologies and factors that promote e-learning effectiveness. Electronic Journal of E-Learning, 13(4), 278-290.

Pateni. (2016). Foundation Of Distence Education. Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology (6th Edition)

Prawiyogi, Anggy Giri.(2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar (JPD). Universitas Buana Perjuangan Karawang.Doi.org/10.21009/JPD.011.10

Permendikbud. (2013). Permendikbud RI No. 109 Tahun 2013. Jakarta: Kemnetrian Pendidikan DAN Kebudayaan

Putri, Gesa Kharisma dan Yuli Ani Setyo Dewi.(2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom.Al-Fikrah Vol. 2 No.1, Juni 2019:60-79.

Publik.(2019). Menuju World Class University UIN Bandung Lebih Bermartabat. Retrieved April 30, 2020, from https://uinsgd.ac.id/berita/pelantikanmenuju-world-class-university-uin-bandung-lebih-bermartabat.

Rizqulloh, Ridho.(2020). Artikel Review Tentang E-Learning dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Saat Pandemi. Universitas Negeri Jakarta.

Rumbler, G. (1989). On Defining Distance Education. The American Journal of Distance Education, 3(2), 8-21

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru.Jakarta: Rajawali Pers.

Suhada, Idad., Tuti Kurniati. Dkk.(2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa covid-19.

Viridi, S., Halid, J., Kristianti, T. (2017). Penelitian Guru untuk memepersiapkan Generasi Z di Indonesia. SEAMEO QITEP in science. Bandung: P4TK IPA.

Wahyudin, Dedih.,Agus Karim, Dkk.(2020). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh: Kajian Dasar Hukum dan Respon Mahasiswa.PBA, UIN Sunan Gunung Djati Bandung: 2020

.

Wabah Covid-19. Prodi Pendidikan Biologi UIN Sunan gunung Djati Bandung.

Yaumi, M.(2007). The Implementation of Distance Learning in. Learning, (1996), 196-215.

Diakses [online]: https://makalahpendidikanislamlengkap.blogspot.com/2015/06/model-pembelajaran-jarak-jauh.html




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v5i2.2610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â