MEMPERSIAPKAN CALON GURU MATEMATIKA DAN IPA DALAM MENGHADAPI ERA INDUSTRI 4.0

Erik Santoso, Muhamad Kurnia Sugandi, Attin Warmi, Alpha Galih Adirakasiwi

Abstract


Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas menjadi kunci untuk setiap Negara dapat menjadikan negaranya merupakan Negara yang maju dan bersaing dengan Negara lain. Pendidikan menjadi kunci dalam mepersiapkan SDM yang mampu bersaing di era insutri 4.0. Metode dalam penulisan artikel ini adalah kajian dari artikel yang berkaitan dengan kesiapan calon guru matematika dan IPA dalam menghadapi era industry 4.0. Melalui kajian ini dapat disimpulkan bahwa 3 hal yang harus dipersiapkan agar calon guru MIPA bisa bersaing di Era Industri 4.0 adalah guru yang memiliki karakter, guru yang mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang kaya serta guru yang mampu dan cakap terhadap penguasan teknologi.


Full Text:

PDF

References


Abi, A. R. (2017). Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.17977/um019v2i22017p085

Agus Supandi, Sara Sahrazad, Arief Nugroho Wibowo, & Sigit Widiyarto. (2019). Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Prosiding SAMASTA), 1–6.

Amini, A., Abdurrahman, A., Syaharuddin, S., Rizky Eka Tuningsih, J., & Agustina, J. (2020). Goes to School: Sebuah Kegiatan Menginspirasi Siswa Menuju Generasi Emas Indonesia. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 10–16. https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.99

Arifian, F. D. (2019). Peran lembaga pencetak tenaga kependidikan (LPTK) dalam mempersiapkan generasi emas bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 26–38.

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika, 2(2), 73–83.

Ferryka, P. Z. (2013). Program 5 S ( Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun ) Dalam Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Untuk Menyongsong Generasi Emas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368

Karima, M. K., & Ramadhani. (2017). Peran Pendidikan Dalam Mewujudkan Generasi Emas Indonesia Yang Bermartabat. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 1–21.

Khairat, A. (2016). Proceeding International Seminar on Education 2016 Faculty of Tarbiyah and Teacher Training. Proceeding International Seminar on Education 2016, 61–68.

Mahanal, S. (2014). Peran Guru dalam Melahirkan Generasi Emas dengan Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, 20(September), 1–16.

NURFADHILAH, N. (2019). Analisis Pendidikan Karakter Dalam Mempersiapkan Pubertas Menuju Generasi Emas Indonesia 2045. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 85–100. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/11124

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367

Rohmadi, M. (2016). Pengembangan Profesionlisme Guru Indonesia untuk Menghasilkan Generasi Emas yang Profesional dan Berwibawa di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 1, 566–571.

Subekt, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2017). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi Stem Untuk Menyiapkan Calon Guru Sains Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Revieu Literatur. Education and Human Development Journal, 3(1), 81–90. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.90

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, I(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.

Susongko, P., Hidayati, F., & Isnani. (2020). Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti. E-Journal Ups, 4(januari 2020), 1–11.

Wati, I., & Kamila, I. (2019). Pentingnya Guru Professional dalam Mendidik Siswa Milenial Untuk Menghadapi Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(1), 364–370. e-mail: missindah49@gmail.com

Wening, S. (2015). Inovasi Pendidikan Vokasi Bidang Busana Dalam Mempersiapkan Lulusan Calon Guru Berwawasan Global. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/30641

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Pembelajaran Sains Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 167–171. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1389




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v5i2.2607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â