PENGEMBANGAN ELECTRONIC PORTFOLIO (E-PORTFOLIO) SEBAGAI ASSESSMENT PEMBELAJARAN BIOLOGI

Slamet Firmansyah, Edy Chandra, Ipin Aripin

Abstract


ABSTRAK

                                                                           

Pelaksanaan penilaiain portofolio masih memiliki keterbatasan, diantaranya dibutuhkan waktu cukup lama dalam pelaksanaannya, dibututuhkan tempat untuk pengumpulan setiap portofolio. Seiring dengan perkembangan teknologi, diharapkan pengembangan penilaiain electronic portfolio (e-portfolio) dapat menjadi solusi keterbatasan penilaian portofolio konvensional. Penelitian pengembangan ini menggunakan Learning Management System (LMS) Moodle. Penelitian pengembangan ini mengikuti model Borg and Gall yang dimodifikasi Sukmadinata dengan melibatkan tiga langkah utama, yaitu : 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan, dan 3) pengujian (implementasi) yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol dengan design pre-test post-test control group design. Hasil penelitian diperoleh electronic portfolio berupa web berbasis Moodle dengan alamat http://klieks.com dengan kualitas penilaian produk dari aspek rekayasa perangkat lunak 82% (sangat baik), aspek visual/tampilan 75% (baik), aspek komunikasi visual 78% (baik). Electronic portfolio efektif dalam meningkatkan tugas portofolio siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Tanggapan siswa terhadap implementasi electronic portfolio termasuk kategori kuat.

 

Kata Kunci : Elektronik portfolio, assessment

 

 

 

ABSTRACT

 

The implementation of portfolio assessment still has limitations, including the need for a long time in its implementation, a place for gathering each portfolio is needed. Along with technological developments, it is expected that the development of electronic portfolio assessment (e-portfolio) can be a solution to the limitations of conventional portfolio assessment. This research development uses the Moodle Learning Management System (LMS). This development research follows the Borg and Gall model modified by Sukmadinata involving three main steps, namely: 1) preliminary study, 2) development, and 3) testing (implementation) which involves two classes, namely the experimental and control class with pre-test design post-test control group design. The results obtained by the electronic portfolio of web-based Moodle address http://klieks.com with the quality of product assessment from the aspect of software engineering 82% (very good), visual aspects / appearance 75% (good), visual communication aspects 78% ( well). Electronic portfolio is effective in increasing student portfolio assignments and can improve student learning outcomes in the experimental class. Student responses to the implementation of the electronic portfolio included in the strong category.

 

Keywords: electronic portfolio, assessment


Full Text:

PDF

References


Ali. 2005. An Introduction to Electronic Portofolio in the Language Clasroom. The internet TESL Journal. Form: http://iteslj.org/Techniques/Ali-Portfolios.html.

Arif, J.F. 2009. Pelatihan E-Learning Menggunakan Moodle. Lab Komputer UPNVJ.

Arifin, Z. 2006. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip Tekhnik dan Prosedur). Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aripin, I. 2013. Modul Pelatihan Analisi Data Dengan Software Excel dan SPSS. Cirebon. Tidak diterbitkan.

Aripin, I. 2012. Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Berpikir Kritis, dan Retensi Konsep Sistem Reproduksi Manusia Pada Siswa SMA. Jurnal Scientia Educatia Vol. 1 Edisi 2 Tahun 2012.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo.

Barker, Hellen C. 2008. Researching Electronic Portofolios: Learning , Engagement and Colaboration through Technology. American Eductional Research Association: Paper Presented.

Barret, H. C. 2006. Using Electronic Portofolio for Clasroom Assesment. Connected Newsletter.

Basuki, S. dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Buzzetto-Moren N. & Alade, A. 2006. Best Practise in Assesment. Journal of Information Technology Education.

Cadd, M. 2012. The Electronic Portofolio as Assesment Tool and More. IALLT: The Drake University Model.

Chang, Chi-Cheng. Construction and Evaluation of A Web-Based Learning Portofolio System: An Electronic Assesment Tool. Taiwan: National Taipei University of Technology.

Cranney, J., Kafod, M., Huon, G., Jensen, L., Levin, K., McAlpine, I. 2005. Portofolio Tools: Learning and Teaching Strategies to Facilitate Development of Graduate Atributes. UniServe Science Belended Learning Symposium Preceeding.

Depdiknas. 2003. Pedoman Pengembangan Portofolio untuk Penilaian, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Umum, 2003-2004.

Diastuti, reni.2009.Biologi untuk SMA/MA kelas XI.Jakarta:Erlangga.

Fikri, K. 2012. Pengembangan E-Portofolio Dalam Project Based Learning Pada Mata Kuliah Animal Physiologi Pada Program Study Pendidikan Biologi.pdf diakses tanggal 01 April 2014.

Hyndman, Steve M. Creating an Eportofolio with MS front Page. Eastern Kentucky University.

Irvine, L. 2011. Reflecting on reflections—the central role reflection plays in teaching writing in a computer networked environment. Paper presented at the 2002 Computers and Writing Conference, Normal, Illinois.

Hake (1999). Analyzing Change/Gain Skores. Dept of Physics, Indiana University.

Hamid, M. S. 2011. Standar Mutu Penilaian Dalam Kelas. Jogjakarta : DIVA Press.

Haris, A.. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Hyndman, Steve & Hyndman, June. 2005. Creating Eportofolio with MS FrontPage It Doesn’t Get Any Easier.

Ismaniati, CH. 2006. Model Evaluasi Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Berdasarkan Teori Belajar Eksperensial.pdf diakses tanggal 20 Mei 2014.

Kankanrata, Horton, W. & Horton, K. 2005. E-learning tools and technologies. Canada : Wiley Publishing Inc.

Karno To. 1996. Mengenal Analisis Tes : Penganatar Program Komputer Anates. Bandung: IKIP Bandung.

Kersten, F. 2004. Eportofolio for The Internet Job Hunt Teaching Music.

Mansyur. 2007. Asesmen Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Melfachrozi M, 2006. Penggunaan Aplikasi e-Learning (Moodle). Artikel Online: Komunitas e-Learning Ilmu Komputer.

Mulyasa. E. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nahadi dan Liliasari. 2007. Efektifitas Program Pembekalan Kemampuan Calon Guru Kimia Dalam Bidang Penilaian Pembelajaran.pdf diakses tanggal 18 Mei 2014.

Narulita, E. 2012. Pengembangan E-Portofolio Assessment Online Pada Mata Kuliah Technique Of Laboratory Program Studi Pendidikan Biologi. Universitas Jeber.

Nitko, AJ. 1996. Educational Assesment of Student, 2nd Ed. Colombus Ohio: Prentice Hall.

Nurhayati, Fety Rosyda dan Meini Sondang. 2014. Pengembangan E-Portofolio Sebagai Instrument Penilaian Siswa di SMK 2 Lamongan.pdf diakses tanggal 13 Maret 2014.

Oliva, Peter F. 1992. Developing the Curriculum. NewYork: HarperCollins Publishers.

Pratiwi. 2006. Biologi SMA Jilid 2 kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Rahmatullah, M. 2011. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi terhadap Hasil Belajar Kompetensi. Surabaya:UNIPRESS.

Riduwan, 2010. Skala Penilaian Variabel – variabel Penelitian. Bandung : Alfa beta.

Subali, B. 2010. Penilaian, Evaluasi dan Remediasi Pembelajaran Biologi.Universitas Yogyakarta.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda karya.

Surapranata, S. & Hatta, M.. 2006. Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Van Wesel, Maarten. 2008. The Influence of Portofolio Media on Student Perceptions and Learning Outcomes. Netherland: Maastricht University.

Wulan, A.R. 2003. Penggunaan Assesment Portofolio pada Sebagai Assesment Alternatif pada Implementasi KBK untuk Pembelajaran Biologi.

Zainul, A. 2001. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta.

Zyainuri, E. M. 2012. Penerapan E-Learning Moodle Untuk Pembelajaran Siswa Yang Melaksanakan Prakerin. Jurnal Pendidikan Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta Vol 2, Nomor 3, November 2012.pdf diakses tanggal 12 April 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v4i2.1699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.