Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Makromedia Flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Aden Arif Gaffar, Muhamad Kurnia Sugandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran Interaktif  berbasis makromedia flash untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Pre experimental design dengan menggunakan rancagan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Maja Kabupaten Majalengka dengan sampel penelitian kelas X MIA 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis tes dengan menggunakan uji t berpasangan hasil uji t  (11.56) sedangkan t tabel  yaitu 2.70. hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Peningkatan yang terjadi di tunjukan dengan nilai N-Gain yang diperoleh oleh setiap orang siswa, yaitu 19 % siswa mendapat nilai N-Gain pada kategori rendah, 69 % siswa mendapat nilai N-Gain pada kategori sedang, 12 % siswa mendapat nila N-Gain pada katgori tinggi.

 


Full Text:

PDF

References


Ariani, N. dan H. Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fathiyati, R., & Utami, R. P. (2012). Pengembangan media pembelajaran Biologi berbasis macromedia flash sebagai sumber belajar bagi siswa SMA/MA kelas XI semester 2 Materi pokok sistem reproduksi manusia. In Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi (Vol. 9, No. 1, pp. 211-217).

Hasanudin, L. (2003). A Comparative analysis of perception of urban landmarks between designers, non-designers and laypublic: Kuala Lumpur Malaysia. Unpublished PHD Thesis, University of Sheffield.

Hasna, H. (2014). Aplikasi Media Pembelajaran Biologi Berbasis Animasi Komputer Interaktif untuk Sekolah Menengah Umum pada Kelas XII (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 2015. Rangkaian hari lingkungan hidup 2015 dialog penanganan sampah plastik [terhubung berkala]. http://www.menlh.go.id. [17 Februari 2019].

Madcoms. 2004. Aplikasi Program PHP dan MySQl untuk Membuat Website Interaktif. Yogyajarta: Andi Offset.

Prahari, E. D. (2017). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DENGAN ASESMEN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA ILMIAH DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA SISWA KELAS XI B DI SMAU BPPT DARUS SHOLAH JEMBER).

Saryoko, A. (2018). MULTIMEDIA INTERAKTIF EDUKASI LIMBAH SAMPAH DAN CARA PENGELOLAANNYA MENJADI BARANG KERAJINAN TANGAN. Perspektif, 16(1), 12-19.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata. 2010. Metode penenelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyanto, E., E. Soetarto, Sumardjo, dan H. Hardjomidjojo, 2015. Model kebijakan pengelolaan sampah berbasis partisipasi “Green Community†mendukung kota hijau. Mimbar 31(1), pp. 143-152.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v4i1.1599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â