PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DENGAN PENDEKATAN ANALOGI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA

Rikardus Herak

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah Prestasi Belajar IPA Peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan. Perlu adanya model pembelajaran yang menyenangkan, efektif dan efisien agar dapat memotivasi peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar. Salah satu cara yang lebih baik yang dapat digunakan untuk memotivasi para peserta didik untuk mempelajari IPA adalah melalui pembelajaran induktif dengan pendekatan analogi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Tindakan Kelas. Sampel dalam penelitian ini terbatas pada peserta didik kelas VIIIF SMP Negeri 11 Denpasar yang berjumlah 32 orang. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data tentang prestasi belajar  peserta didik yang diperoleh dengan cara memberikan tes dan hasil observasi belajar. Data hasil penelitian di analisis dengan metode statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data prestasi belajar terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas, daya serap  dan ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata kelas meningkat dari 76,93 menjadi 83,62, daya serap meningkat dari 76,93%  menjadi 83,62%, dan ketuntasan klasikal dari 75% menjadi 90,10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran induktif dengan pendekatan analogi dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIIIF SMP Negeri 11 Denpasar.

Kata Kunci: Pembelajaran Induktif, Pendekatan Analogi, Prestasi Belajar

ABSTRACT

 

The problem in this study is the Science Learning Achievement Students have not reached the expected learning completeness. A fun, effective and efficient learning model is needed in order to motivate students to improve learning achievement. One of the better ways that can be used to motivate students to learn science is through inductive learning with an analogy approach. This study aims to improve science learning achievement. This type of research is Classroom Action Research. The sample in this study was limited to 32 grade VIIIF students of SMP Negeri 11 Denpasar. The type of data collected in this study is in the form of data about students' learning achievements obtained by providing tests and learning observations. Research data were analyzed using descriptive statistical methods. Based on the results of data analysis of learning achievement, there was an increase in the average grade of class, absorption and classical completeness from the first cycle to the second cycle, namely the average value of the class increased from 76,93 to 83,62, the absorption increased from 76,93% to 83,62%, and classical completeness from 75% to 90,10%. Thus it can be concluded that the application of the inductive learning model with the analogy approach can improve the learning achievement of students of class VIIIF 11th of SMP Negeri 11 Denpasar.

 

Keywords: Inductive Learning, Analogy Approach, Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asay, L. J. (2013). The importance of explicitly mapping instructional analogies in science education. University of Nevada, Las Vegas.

Clement, (1995). repository.upi.edu/operator/upload/s_d025_060876_chapter2.pdf Kata kunci: Model Pembelajaran Analogi

Hamzah, B. Uno, (2011). Menjadi PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara

Huda, Miftahul. (2013). Mode-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harrison, A. G., & Coll, R. K. (2013). Analogi dalam kelas sains: Panduan FAR cara menarik untuk mengajar dengan menggunakan analogi. (Tim Indeks, Ed.). Jakarta: PT Indeks

Joyce, B. et al.,. (2000), Models of Teaching, London: Allyn & Bacon.

Rochmad. (2010). Jurnal Proses Berpikir Induktif dan Deduktif dalam Mempelajari Matematika.(http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/1494

Supriyadi. (2011). Strategi Belajar Mengajar.Yogyakarta: Cakrawala Ilmu

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Wichaidit, S., Dechsri, P., & Chaivisuthangkura, P. (2011). Using analogy and model to enhance conceptual change in Thai middle school students. US-China Education Review, 8(3), 333–338.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v4i1.1551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â