PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA

Iim Halimatul Mu'minah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecocokan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament jika diterapkan pada proses pembelajaran konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Nopember 2012 sampai dengan April 2013 di MAN Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal pilihan ganda sebanyak 50 soal dengan lima option. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA MAN Tasikmalaya pada tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 2 kelas, dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang yaitu 10 orang laki-laki dan 25 orang perempuan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Dari hasil penelitian, pengolahan, dan analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Selain itu pula dari hasil uji t diperoleh thitung 2,99 dan -ttabel  -1,69. Hal tersebut disebabkan oleh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament yang membantu peserta didik dalam proses pembelajaran, karena pada dasarnya model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament menekankan pada daya ingat, keaktifan dan pemahaman peserta didik terhadap suatu  materi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament cocok diterapkan untuk menjelaskan konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia.

 

 

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, team games tournament, Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia.

 

The purpose of this study was to determine the compatibility of the cooperative learning model type game tournament team if applied to the learning process of the concept of the Food Digestion System in Humans. This research was conducted in November 2012 to April 2013 at MAN Tasikmalaya. The method used in this study was pre-experiment. The instruments used in this study were 50 multiple choice questions with five options. The population in this study were all students of the XI grade of Tasikmalaya Science in the 2012/2013 academic year as many as 2 classes, with a total of 35 students namely 10 men and 25 women. Samples were taken using saturated sampling techniques. From the results of research, processing, and data analysis showed that there were differences between the results of the pretest and posttest. In addition, the results of the t test are obtained tcount 2.99 and -ttable -1.69. This is caused by the application of the cooperative learning model of the type of team games tournament that helps students in the learning process, because basically the cooperative learning model of the type of team games tournament emphasizes the students' memory, activeness and understanding of a material. Thus it can be concluded that the cooperative learning model of the match type game tournament team is applied to explain the concept of the Food Digestion System in Humans.

 

Keywords: Cooperative learning model, tournament team games, Food Digestion System in Humans.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Armanadhi.(2012). Materi Kelas 8 SMP. Online Tersedia: http://armanadhi.blogspot.com/2012/02/materi-kelas-8-smp.html,

(28 Nopember 2012, pukul 07:45)

Dimyati, dan Mudjiono.(2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hernawan, Edi.(2012). Pengantar Satistika Parametrik untuk Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya: FKIP Universitas Siliwangi.

Isjoni. (2012). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, Deni. (2011).Pembelajaran Terpadu. Bandung:CV. Pustaka Cendekia Utama.

Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Mardiyyati, Ridda. (2011). Uji Coba Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament pada Konsep Ekosistem di Kelas III SD Negeri 2 Cikunir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya pada Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi. Tidak Dipublikasikan.

Poedjiadi, Anna dan F.M.Titin Supriyantini. (2005). Dasar-Dasar Biokimia. Jakara: UI-Press.

Pujiyanto, Sri. (2008). Menjelajah Dunia Biologi 2 untuk Kelas XI SMA dan MA. Solo: PT Tiga Serangkai Mandiri.

Rahmawati, Rosa. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Konsep Sistem Pernapasan.Skripsi. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi. Tidak Dipublikasikan.

Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi.Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sloane, Enthel. (2003). Anatomi dan Fisiologi untuk Pemula. Jakarta: EGC.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syamsuri, Istamar. (2006). BIOLOGI 2B untuk SMA Kelas XI Semester 2. Jakarta: Erlangga.

Sumber:Anonim, Online Tersedia: http://.wordpress.com/2012/04/03pembahasan-sistem-percernaan/, (30 Nopember 2012 pukul 08.25)

Sumber:Anonim,OnlineTersedia:http://gurungeblog.wordpress.com/2008/11/22/sistem-pencernaan makanan-pada-manusia/, (30 nopember 2012 pukul 08.40)

Sumber: Slavina, Robert E. (1995).Pembelajaran Kooperatif tipe team games tournament. Online Tersedia:

(http://rudy-unesa.blogspot.com/2011/07/pembelajaran-kooperatif-tipe-teams.html)

Triyani, Tisi. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Konsep Sistem Pencernaan Makalah di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2011-2012. Skripsi.Tasikmlaya: Universitas Siliwangi. Tidak Dipublikasikan.

Widaningsih, Dedeh. (2011). Evaluasi Pembelajaran Matematika Paket Modul Pembelajaran untuk Melengkapi Bahan Perkuliahan Evaluasi Pembelajaran Matematika. Tasikmalaya: FKIP Universitas Siliwangi.

Yamin, Martinis. (2008). Paradigma Pendidikan Kontruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Pres




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v4i1.1404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â