KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP KEMAMPUAN SOFT SKILL PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN HIDUP DI SMPN 4 KOTA CIREBON

Abdur Rasyid

Abstract


ABSTRAK

 

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TGT terhadap kemampuan Soft skill siswa kelas VII SMPN 4 kota Cirebon pada materi Lingkungan Hidup. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 kota Cirebon tahun pelajaran 2017/2018. Dipilih dua kelas secara cluster random sampling, sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan Soft skill kelas eksperimen adalah 77,4655, sedangkan rata-rata kemampuan Soft skill kelas kontrol adalah 73,1207. Uji ketuntasan belajar kelas eksperimen menunjukkan bahwa kemampuan Soft skill siswa kelas eksperimen memenuhi ketuntasan belajar ( ≥ 65). Uji ketuntasan klasikal kelas eksperimen menunjukkan bahwa kemampuan Soft skill matematika kelas eksperimen mencapai kriteria ketuntasan klasikal (85≥ %).

Uji perbedaan rata-rata memberi hasil  dan, atau, maka rata-rata kemampuan Soft skill kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Uji proporsi memberi hasil = 0,3521 dan = 1,8132, atau , dapat dikatakan persentase ketuntasan kelas eksperimen lebih baik daripada persentase ketuntasan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT efektif terhadap kemampuan Soft skill siswa kelas VII SMPN 4 kota Cirebon pada materi Lingkungan Hidup

 

Kata kunci: Model Pemebelajaran Teams   Games   Tournament   (TGT), Keefektifan, Kemampuan Soft skill


Full Text:

PDF

References


Akcay, B. 2009. Problem Based Learning in Science Education. Journal of Turkish Science Education, 4 (1): 26-36.

Anni, C. T. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Puskur, Balitbang Depdiknas.

Manalu, P. 1980. Strategi Belajar dengan Pemecahan Masalah. Jakarta: depdikbud.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, Saras Utami dan Harini, Esti.2014.Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Team Games Tournament Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Ngadipuro I Dukun Magelang. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika.2(2):191-196.

Slameto. 2003. BelajardanFaktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, Robert E.. 2015. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. (Alihbahasa: Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Wijayanti, A. (2016). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika dasar mahasiswa pendidikanIPA. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.